Isi Artikel Utama

Abstrak

Pola pembelajaran daring (online class) agar tidak terjebak pada rutinitas dan kejenuhan harus diimbangi inovasi dan kreativitas metode yang digunakan. Terlebih  dengan semakin berkembangnya mutasi atau varian virus SAR-CoV-2, tentu kegiatan pembelajaran konvensional dengan hadir di kelas menjadi belum jelas kapan dilaksanakan.  Itu sebabnya pihak pendidik memerlukan  sentuhan kreatifitas, agar proses belajar mengajar dari rumah tetap menyenangkan peserta didik.  Maka rumusan masalah dalam kegiatan abdimas ini adalah bagaimanakah menumbuhkan  kreatifitas e-learning  melalui pembelajaran media animasi interaktif berbasis edufun (education & fun) guna  meningkatkan semangat pembelajaran di era pandemic Covid 19 ini? Tujuannya guru bisa meningkatkan ketrampilan pembelajaran melalui pembelajaran media animasi interaktif berbasis edufun (education & fun),  sementara siswa-siswi tetap bisa mengikuti proses transfer of knowledge yang kreatif pada masa pandemic. Metode kegiatan ini terbagi atas dua kegiatan. Pertama penyampaian materi dasar teknik-tenik pembelajaran inovatif dan kedua praktik langsung (simulasi) pembuatan animasi sederhana yang diikuti oleh guru pembina dan siswa-siswi kelas  VII SMPN 24 Surabaya. Hasil pelatihan ini  guru memperoleh pengetahuan dan ketrampilan membuat animasi sederhana.   Siswa yang mengikuti kegiatan memperoleh pengetahuan baru dan ketrampilan teknis pembuatan animasi model pembelajaran yang kreatif dengan topik lingkungan, teknologi, pendidikan, persahabatan, transportasi dan arsitektur/konstruksi.

Kata Kunci

animasi e-learning kreativitas inovasi kelas daring

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Gatut Priyo Widodo, Universitas Kristen Petra

Departemen: Prodi Ilmu Komunikasi, UK Petra

Pangkat : IV/B

Jabatan Fungsional: Lektor Kepala

Pendidikan : S1 (Unhas), Magister (Unair), Doktor (UUM-Malaysia)

Referensi

Read More

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.