Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) “NURHAFA†Bandung. Permasalahan yang dihadapi diantaranya berkaitan dengan sistem pembukuan, metode pemasaran dan pembelajaran. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut diawali dengan tahap penelusuran masalah dan kebutuhan, perancangan solusi serta implementasi. Penelusuran masalah dilakukan melalui metode survei dan wawancara di lokasi madrasah. Selanjutnya, tim menentukan solusi dan hal-hal yang dibutuhkan oleh MDTA Nurhafa. Pada tahap implementasi, tim memutuskan untuk menyumbangkan peralatan, rancangan sistem akuntansi, teknik pemasaran serta metode pembelajaran yang efektif sesuai kebutuhan MDTA Nurhafa. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu madrasah dalam meningkatkan sistem pembukuan, memperluas jaringan pemasaran serta memperbaiki metode pembelajaran demi tercapainya tujuan madrasah.

Kata Kunci : madrasah; pemasaran; pembelajaran; pembukuan

 

Simple Bookkeeping System Training, as well as the Development of Effective Marketing and Learning Methods at MDTA Nurhafa Bandung

ABSTRACT

This service activity aims to help solve some of the problems faced by Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) "NURHAFA" Bandung. Some of the problems faced are related to the bookkeeping system, marketing methods and learning. The implementation method used in solving these problems begins with the stages of tracing problems and needs, designing solutions and implementing them. Troubleshooting was carried out through survey and interview methods at the madrasah location. Next, the team determined the solutions and things needed by MDTA Nurhafa. At the implementation stage, the team decided to donate equipment, design accounting systems, marketing techniques and effective learning methods according to MDTA Nurhafa's needs. This activity is expected to assist madrasah in improving the bookkeeping system, expanding marketing networks and improving learning methods in order to achieve madrasah goals.

Keywords: madrasah; marketing; learning; bookkeeping

Rincian Artikel

Referensi

  1. Abdillah Mundir. (2016). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah. Malia, Vol.07, No.01, Februari 2016.
  2. Ahmad M.N. dan Lilik N.K. (2013). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : Refika Aditama.
  3. Ikatan Akuntan Indonesia. (2020). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.
  4. Jefferly Helianthusonfri. (2019). Belajar Social Media Marketing. Bandung : Elex Media Komputindo.
  5. Kaniah. (2017). 9 Metode Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  6. Kieso, Donald E et. al. (2019). Intermediate Accounting 17th Edition. John Wiley & Sons, Inc. USA.
  7. Kotler, Philip and Keller, K.L. (2016). Marketing Management 15th Edition. New Jersey : Pearson Pretice Hall, Inc.
  8. Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.
  9. Petter, J. Paul dan Olson, Jerry C. (2018). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.
  10. Tatta H.D. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogik Vol.06, No.02, Juli 2014.