Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK

Pengembangan profesi guru adalah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas guru agar semakin professional dalam melaksanakan tugasnya menggunakan media aplikasi Microsoft office power point. Ada beberapa faktor mengapa kegiatan ini diselenggarakan. Ada guru yang tidak terbiasa menggunakan teknologi sebagai media dalam pengajaran di kelas. Sekolah tidak menyediakan fasilitas yang memadai yang memungkinkan guru menciptakan media ajar mereka. Tidak adanya pembimbing dan pendampingan yang memberikan pendidikan singkat tentang bagaimana membuat media animasi untuk pengajaran di sekolah dasar. Dengan adanya pelatihan ini guru-guru SDN 130 Palembang diharapkan mampu menguasai dan memahami fitur dan fungsi yang ada pada Microsoft power point serta mampu membuat animasi untuk pembelajaran dengan menggunakan Microsoft power point.

Kata kunci: animasi pembelajaran; pelatihan microsoft power point; presentasi atraktif.

 

ABSTRACT

Teacher professional development is to maintain and improve the quality of teachers to be more professional in carrying out their duties using Microsoft Office Power Point application media. There are several factors why this activity is held. There are teachers who are not used to using technology as a medium in classroom teaching. Schools do not provide adequate facilities that allow teachers to create their teaching media. The absence of mentors and mentors who provide short education about how to make animation media for teaching in elementary schools. With this training the SDN 130 Palembang teachers are expected to be able to master and understand the features and functions that exist in Microsoft power point and be able to create animations for learning using Microsoft power point.

Keywords: attractif presentation; microsoft power point training; learning animation.


Rincian Artikel

Biografi Penulis

Irma Salamah, Politeknik Negeri Sriwijaya

Dosen Jurusan Teknik Elektro POLSRI

Referensi

  1. Panduan Cepat Kuasai Microsoft Office Powerpoint 2010. Penerbit : Baduose Media. Yogyakarta : 2010
  2. Brilianty Wijaya. 2010. Media Pembelajaran Atraktif. [Online]. http://brilianty-wijaya-2010.blogspot.com/2013/05/media-pembelajaran-atraktif.html.
  3. November 2018]
  4. Estrada, E. dkk. 2010. Media Pembelajaran. [Online]. http://ejournal.unesa.ac.id/article/3084/12/article.docx. [8 Oktober 2018]
  5. Heri Wibowo, Mujiono, Arianto Leman, Didik Nurhadiyanto. 2007. Pelatihan Internet dan Power Point Untuk Guru-Guru di SMPN 1 Sleman. Laporan PPM. Universitas Negeri Yogyakarta.
  6. Harison, dkk. 2012. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Power Point Untuk Para Guru SD di Kecamatan Tapung Kab Kampar. Laporan PPM. Universitas Riau.
  7. Komang Meilani. 2013. Pembelajaran Atraktif. [Online]. https://komangmeliani.wordpress.com, [5 November 2018]
  8. Musfiqon, HM. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, [Online]. http://prestasipustakaraya.com/media-dan-sumber-belajar-pengembangan-media-dan-sumber-pembelajaran-penulis-dr-hm-musfiqon-m-pd.html/. [8 November 2018]
  9. Riyanto, Br. T. 2002. Pendidikan dan Pembelajaran Atraktif, [Online]. http://www.bruderfic.or.id/h-57/. [9 November 2018]
  10. Resky, Rhayanti. 2014. Media Pembelajaran Berbasis Power Point. [Online].
  11. http://rhayanti.blogspot.com/2014/10/media-pembelajaran-berbasis-power-point.html. [ 12 November 2018]