Isi Artikel Utama

Abstrak

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang memiliki nilai – nilai luhur. Pancasila diharapkan mampu menjadi acuan warga negara Indonesia dalam berperilaku dalam kehidupan sehari hari. Mengajarkan nilai – nilai Pancasila kepada siswa sekolah dasar merupakan langkah yang baik dalam membangun generasi unggul sejak dini. Penggunaan media digital sebagai alat pembelajaran mampu membantu guru dan siswa dalam memahami nilai – nilai Pancasila dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Selain itu, kegiatan pengabdian masyakarat ini mampu membantu sekolah dalam mengembangkan metode pembelajaran baru menggunakan media game virtual. Game Si Panca merupakan luaran yang memberikan manfaat bagi guru dan siswa dalam mempelajari nilai – nilai Pancasila. Game Si Panca sebagai media pembelajaran digital cukup efektif dan memberikan dampak yang baik bagi siswa dalam memahami nilai – nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci

media pembelajaran pancasila teknologi

Rincian Artikel

Referensi

  1. Al-Ishmah, Qonita, Sasi Kirana Aljupri, Anisa Sapera Romdani, and Aulya Nurani. 2023. “Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran PPKn Di SD.” Renjana Pendidikan Dasar 3(1): 31.
  2. Keputusan, Menghargai et al. 2022. “Pengembangan Game Education Pembelajaran PKn Materi.” 4(2): 48–54.
  3. Oktavia, Jovanka, Venneza Zahra, Nurdinah Hanifah, and Rana Gustian Nugraha. 2024. “Penerapan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak Dan Kewajiban.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(1): 545–54. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/425/293.
  4. Penggunaan, Abstrak et al. 2023. “©JP-3 Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran ©Yuliyana.” 5(3): 1–6.
  5. Pujiati, Desti, and Dema Yulianto. 2021. “Analisis Media Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Masa Pandemi Covid-19.” Efektor 8(1): 45–52.
  6. Safitri, Indah, Sa’odah Sa’odah, and Ina Magdalena. 2020. “Analisis Perilaku Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Cipondoh 2 Kota Tangerang.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2(02): 36.
  7. Setiyawan, Hery. 2021. “Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 3(2).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.