Isi Artikel Utama

Abstrak

Karya tulis ilmiah baik berupa artikel jurnal maupun skripsi merupakan syarat wajib bagi setiap mahasiswa untuk menjadi sarjana. Menemukan ide dalam menyusun karya ilmiah terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak mahasiswa, oleh karena itu pendampingan bagi mereka tentunya sangat dibutuhkan. Ilmu yang didapat terkait karya ilmiah dalam perkuliahan idealnya didukung melalui kegiatan pendampingan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengadakan acara pendampingan dalam membantu siswa menggali potensi ide yang pada akhirnya dapat dikembangkan menjadi karya ilmiah. Kegiatan pendampingan ini dilakukan secara online dan diikuti oleh 42 mahasiswa S1 semester VI Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan yang memiliki minat penelitian di bidang matematika. Kegiatan pendampingan menunjukkan hasil yang baik dengan adanya feedback dan penugasan berupa penulisan kerangka berpikir diakhir kegiatan. Adanya penugasan tersebut memperkuat pemahaman mahasiswa setelah adanya feedback yang dilakukan.

 

Kata Kunci

gagasan mahasiswa pgsd matematika menulis

Rincian Artikel

Referensi

  1. Anggraini, M., & Saleh, A. (2021). Pelatihan Mendeley Bagi Para Peneliti Muda Kota Pekanbaru. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1413–1420.
  2. Arizona, N., & Rusminti, N. E. (2016). Kesalahan Penggunaan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa Fakultas Hukum UNILA dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 4(3), 1–10.
  3. Bulkani. (2014). Perbedaan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD UM Palangkaraya ditinjau dari Pemberian Resitasi dan Jenis Kelamin. Anterior Jurnal, 13(2), 173–180.
  4. Hadi, M. J. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa. Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1), 1–6.
  5. Hakim, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Active Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa ( Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo ). Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 107–118.
  6. Khair, U. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam Proposal Skripsi Mahasiswa. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 1(1).
  7. Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277.
  8. Mujianto, Zubaidi, & Suprapto YM, Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Jaringan Telekomunikasi Digital (JTD) Melalui Problem Based Learning (PBL). FKIP E-Prooceding, 177–186.
  9. Nirwana, & Ruspa, A. R. (2020). Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 6(1), 557–566.
  10. Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. JSPD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102–114.
  11. Persadha, D. A. K. (2016). Studi Kompetensi Kemampuan Menulis di Kalangan Mahasiswa. MUADDIB, 06(01), 1–20.
  12. Persadha, D. A. K. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca dan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. A-Risalah, XVI(1), 51–62.
  13. Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39–43.
  14. Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 35–43.
  15. Zulkarnaini. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD Semester I Melalui Drill Method. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 1(2), 1–9.