Isi Artikel Utama

Abstrak

Regulasi Emosi bagi anak PAUD menjadi salah satu indikator pembelajaran dalam kurikulum PAUD. Guru diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar menarik dalam penanaman karakter regulasi emosi pada anak. Berbagai macam metode pembelajaran dan penanaman karakter bagi anak PAUD, salah satu yang terbukti efektif dan menyenangkan bagi anak adalah metode berkisah. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang regulasi emosi dan penusunan satuan pembelajaran serta aplikasi tekhnik berkisah dalam menanaman regulasi emosi ala Rasulullah. Menggunakan metode lokakarya/workshop dalam jaringan dengan fasilitas aplikasi Zoom Meeting. Peserta merupakan guru PAUD A’isyiyah Bustanul Athfal dari 7 Kota/Kabupaten seluruh Papua yang berada di bawah arahan Majelis DIKDASMEN PWA Papua dengan keseluruhan peserta sebanyak 52 orang. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dengan tiga materi lokakarya, pengerjaan kertas kerja dan demonstrasi metode berkisah yang diikuti oleh 7 perwakilan peserta. Hasil dari lokakarya ini, selain terdapat peningkatan pengetahuan tentang regulasi emosi ala Rasulullah, guru menyusun satuan pembelajaran berkaitan dengan regulasi emosi dan dapat mempraktikkan penanaman regulasi emosi dengan tehnik berkisah.

Kata Kunci

anak paud lokakarya guru regulasi emosi.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Bloor, C. (2019). Temperament and Emotionality. In Temperament (Issue May, pp. 53–68). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780367816537-5
  2. Braet, C., Theuwis, L., Van Durme, K., Vandewalle, J., Vandevivere, E., Wante, L., Moens, E., Verbeken, S., & Goossens, L. (2014). Emotion Regulation in Children with Emotional Problems. Cognitive Therapy and Research, 38(5), 493–504. https://doi.org/10.1007/s10608-014-9616-x
  3. Diana, R. R. (2015). Pengendalian Emosi Menurut Psikologi Islam. Unisia, 37(82), 41–47. https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art5
  4. Husnaini, R. (2019). Hadis mengendalikan amarah dalam perspektif psikologi. Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 4(1), 79–87.
  5. Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 206. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7636
  6. Maryatun, I. B. (2016). PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
  7. Masruroh, A. (2015). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(1), 61. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.759
  8. Mulyaningsih, L. (2019). Peran guru dalam meningkatkan pendidikan akhlak anak usia dini melalui pembelajaran buku kisah teladan nabi muhammad saw. (Doctoral Dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
  9. Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
  10. Partikasari, R., Nurwita, S., & Uliya, N. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Di Paud Al-Anisa Kelompok B Bentiring Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.975
  11. Pratisti, W. D. (2013). Peran orangtua dalam perkembangan kemampuan regulasi emosi anak : model teoritis. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 322–333.
  12. Rohmah, A. N., & Subandji. (2021). Peranan Guru Paud Dalam Penanaman Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B Tk 02 Munggur, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaraan 2020/2021. (Doctoral Dissertation, IAIN SURAKARTA)., 4(1), 6.
  13. Saleh, M. (2013). Pendidikan Karakter Paud. Pendidikan Karakter Paud, 02.
  14. Sanchis-Sanchis, A., Grau, M. D., Moliner, A. R., & Morales-Murillo, C. P. (2020). Effects of Age and Gender in Emotion Regulation of Children and Adolescents. Frontiers in Psychology, 11(May). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00946
  15. Sartono, A. Z. (2020). Kecerdasan emosional dalam perspektif Al Quran. February. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38650
  16. Stephani Raihana, H. (2017). Kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an. SCHEMA: Journal of Psychology Research, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1807
  17. Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.