Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan kondusif jika suasana dalam kelas dalam keadaan kondusif. SMP Muhammadiyah 18 memiliki kelas inklusi yang terdiri dari siswa biasa dan siswa berkebutuhan khusus. Gangguan konsentrasi merupakan salah satu ciri anak berkebutuhan khusus khususnya dalam pembelajaran. Beberapa dari mereka muncul tantrum di waktu-waktu tertentu, penanganan sekolah selama ini yaitu mengajak bermain di area lapang seperti bermain bola. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan media terapi motorik pada anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian Masyarakat di PCM Gunung Anyar khususnya di SMP Muhammadiyah 18 Surabaya menggunakan metode Service Learning (SL) dengan mengenalkan alat scalextric by bike yang merupakan alat terapi motorik untuk mengurangi tingkat stress dan tantrum pada siswa. Hasil Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di wilayah PCM Gunung Anyar Surabaya khususnya di SMP Muhammadiyah 18 Surabaya. Kegiatan dimuali dengan perakitan dan demontrasi. Siswa merespon alat ini dengan baik, mereka tertarik untuk mencoba dan memainkan pada jam kosong mereka.Kesimpulan Alat scalextric merupakan media terapi motorik untuk anak berkebutuhan khusus yang dapat digunakan untuk mengurangi kejenuhan di sekolah.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Fulatul Anifah, Universitas muhammadiyah surabaya

Kebidanan

Referensi

Read More