Isi Artikel Utama

Abstrak

Gingseng jawa merupakan tumbuhan liar yang bernilai ekonomi tinggi namun tidak bernilai bagi masyarakat desa arjasa karena mereka tidak mengetahui manfaat tanaman tersebut. Kegiatan yang telah dilakukan untuk memberikan solusi adalah sosialisasi dan pelatihan budidaya gingseng jawa dengan memperhatikan tata Kelola lingkungan warga dan pengenalan pemasaran digital. Kegiatan itu tidak cukup berhasil karena masyarakat tidak dapat melakukan hilirisasi hasil panen gingseng jawa sehingga dibuat kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengolahan pasca panen dan cara melakukan persiapan promosi dan penjualan melalui whats app dan Instagram dengan membuat konten menarik. Metode yang digunakan adalah PRA dengan mengimplementasikan pembelajaran offline dan online melalui youtube, zoom dan  Instagram. Tantangan pelatihan online adalah partisipasi peserta sangat lemah sehingga dengan menggunakan social media sebagai wadah sharing pengetahuan dengan mengimplementasikan 5 prinsip social media dan gamifikasi pada konten mampu membantu transfer pengetahuan dari tim pengabdian kepada masyarakat terbukti pengunjung dan peserta sering melihat dan melakukan like serta mengikuti poling yang diberikan dan mencoba pengolahan pasca panen serta mencoba membuat konten menarik.

Kata Kunci

gingseng jawa PRA hilirisasi promosi sosial media

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Diah Ayu Retnani Wulandari, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember

program studi teknologi informasi fakultas ilmu komputer universitas jember

Sri Hartatik, fakultas pertanian unej

peneliti dibidang pertanian yaitu dalam hal rekayasa tanaman budidaya

Kacung Hariyono, fakultas pertanian unej

penelitian dibidang pertanian

Referensi

  1. Abou-Shouk, M., & Soliman, M. (2021). The impact of gamification adoption intention on brand awareness and loyalty in tourism: The mediating effect of customer engagement. Journal of Destination Marketing & Management, 20, 100559.
  2. Alfarisi, I., Susanto, J., Chotib, H. M., Dolly, F. I., & Handani, D. 2021. Hilirisasi Industri Kopi Berorientasi Pasar Cafe Kepada Masyarakat Petani Kopi Di dusun Tuo Limbur Kabupaten Bungo. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 66-71.
  3. DAR Wulandari, S Hartatik, K Hariyono 2021. Identifikasi Akar Masalah Tanaman Kolesom Jawa Tidak Bernilai Ekonomi Pada Masyarakat Desa Arjasa dan Rancang Solusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. Vol. 7. No.1. Hal: 23-29. e-ISSN:2528-116X. p-ISSN:2527-5216. Juni 2021.
  4. DAR Wulandari, S Hartatik, K Hariyono (2021). Upaya Awal Meningkatkan Nilai Ekonomi Kolesom Jawa Melalui Teknik Budidaya Stek Batang . CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4. No.1. Hal: 96-103. e-ISSN: 2621-7910. p-ISSN: 2621-7961. Agustus 2021.
  5. Hassan, L., Nenadic, G., & Tully, M. P. (2021). A Social Media Campaign (# datasaveslives) to Promote the Benefits of Using Health Data for Research Purposes: Mixed Methods Analysis. Journal of Medical Internet Research, 23(2), e16348.
  6. Koordinator Statistik Kecamatan Arjasa, 2018. kecamatan Arjasa dalam angka 2018. Nomor Publikasi 35096.1825. Katalog BPS 1102001.3509220. Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. Jember
  7. N. I. Ratnaningtyas, dkk. 2019. Introduksi Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Pakan Ternak Fermentasi Pada Peternak Kambing Desa Wanadadi Banjaregara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 25. No. 4. Oktober- Desember 2019. p-ISSN: 0852-2715. e-ISSN:2502- 7220. DOI:https://doi.org/10.24114/jpkm.v25 i4.14906
  8. Nand, Kalpana & Baghaei, Nilufar & Casey, John & Barmada, Bashar & Mehdipour, Farhad & Liang, Hai-Ning. (2019). Engaging children with educational content via Gamification. Smart Learning Environments. 6. 10.1186/s40561-019-0085-2.
  9. Praptiningsih praptiningsih, Ibo Soertojo. 2014. RESPON PERTUMBUHAN UMBI GINSENG JAWA (Talinum paniculatum Gaertn) PADA BERBAGAI MEDIA [ GROWTH RESPONSE OF JAVANESE GINSENG (Talinum paniculatum Gaertn) ON DIFFERENT GRIWING MEDIUM ]. AGRITROP Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian. Vol 12, No 1. DOI: https://doi.org/10.32528/agr.v12i1.700
  10. Rossmann, D., & Young, S. W. 2015. Social media optimization: making library content shareable and engaging. Library Hi Tech.