Isi Artikel Utama

Abstrak

RT 03 RW 07 Mejoyo merupakan kampung smart yang mendapat beberapa penghargaan karena produktivitas mereka, seperti menang dalam lomba UMKM antar kampung. Lahan fasum yang mulai dimanfaatkan dengan tanaman vertikultur. Namun hal itu belum optimal, hasil panen tanaman vertikultur dan produk UMKM belum terjual dengan luas, serta beberapa warga masih menganggur. Untuk itu dilakukan pelatihan marketing yang terdiri dari pelatihan digital marketing, kemasan, membuat konten promosi, cara foto produk yang baik, hingga pelatihan pengurusan legalitas. Metode pelatihan yang digunakan adalah workshop yaitu pemaparan dua arah dan pelatihan langsung di tempat. Sehingga warga langsung bisa mempraktikkan materi dengan langsung didampingi oleh narasumber. Hasil dari workshop adalah 89% warga menyatakan materi sangat memuaskan, dan 94% menyatakan penyampaikan materi sangat memuaskan. Pada akhirnya diharapkan semua produk warga RT 03 RW 07 terjual dengan luas, berkembang, dan warga mendapatkan profit.

Kata Kunci

digital marketing kemasan legalitas umkm

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Andri Rianawati, Universitas Surabaya

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Wina Dian Savitri, Universitas Surabaya

Fakultas Teknobiologi

Windra Prayoga, Universitas Surabaya

Fakultas Teknobiologi

Referensi

  1. N Deng, XR Li. 2018. Feeling a destination through the “right†photos: A machine learning model for DMOs’ photo selection. Tourism management. Volume 65, Pages 267-278
  2. Rendra dkk., 2022. Pendampingan Pembuatan Dokumen Legalitas Usaha pada UMKM Sukilah Snack. Surya Abdimas. Vol. 6 No. 4
  3. Rick T. Wilson., 2020. Slogans and logos as brand signals within investment promotion. Journal of Place Management and Development. Vol. 14 No. 2, pp. 163-179.
  4. Roosen, Jutta., 2003. Marketing Of Safe Food Through Labeling, Journal of Food Distribution Research. 34(3): 77-82.
  5. Sarfiah, S.N., Atmaja, H.E. and Verawati, D.M. 2019. UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangun-an). 4(2): 137-146.
  6. Sajid, S.I. 2016. Social Media and Its Role in Marketing. Business and Economics Journal. 7:1
  7. Surabaya, Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota. 2018. Kecamatan Rungkut. Diakses pada tanggal 26 Desember 2022, dari https://pemerintahan.surabaya.go.id/home/kecamatan_rungkut
  8. Suci, Yuli Rahmini. 2017. Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. 6(1): 51-58.
  9. Wahdaniah, I. Dan Sari, A. 2020. Pembeli adalah raja: strategi komunikasi pemasaran konvensional warung spesial sambal menghadapi persaingan pasar modern. Journal of Servite, 2(1): 37-46.
  10. Fawaid, A., 2018. Merubah Konsep Pemasaran Batik Madura, dari Konvensional ke Digital Marketing. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam, 5(01).
  11. Tilaar. 1979. Workshop dan Lokakarya. Jakarta: Gramedia.
  12. Ron Berman, Zsolt Katona. 2013. The Role of Search Engine Optimization in Search Marketing. Journal of marketing science. 32(4).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama