Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

Nur Afifah, Sri Hartatik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan pre-experimental designs dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa sebelum diterapkan media permainan ular tangga sebesar 53,09% dengan kriteria kurang, (2) motivasi belajar siswa sesudah diterapkan media permainan ular tangga sebesar 75% dengan kriteria baik, (3) hasil pengolahan data dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai Asymp. Sig 0,000 < 0,05 maka dapat diyatakan bahwa Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa.

Keywords

media permainan ular tangga, motivasi belajar siswa

References

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikum. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.

Ismail, A. (2006). Education Games. Jakarta: Pilar Media.

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdikbud.

Ruseffendi, d. (1997). Pendidikan Matematika 3. Universitas Terbuka.

Sumantri, S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.