Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Menggunakan Pendekatan Active Learning pada Materi Bangun Datar

Sukiyanto Sukiyanto (1)
(1) STIT Al-Fatah Siman Lamongan, Indonesia

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, karena dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran. Penelitian ini di lakukan di SMA Unggulan BPPT Al-Fattah Lamongan. Subjek penelitian adalah siswa dikelas X MIPA-III pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga jenis instrumen, yaitu: 1) Lembar observasi; 2) Angket; dan 3) Tes hasil belajar. Analisis data yang akan diperoleh dalam penelitian ini ada dua, yaitu : 1) Data kuantitatif, berupa skor tes hasil belajar; dan 2) Data kualitatif, berupa hasil lembar observasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terlaksana dengan sangat baik dengan mencapai skor 3,19 (2) Siswa aktif ketika pembelajaran berlangsung. Hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh aktivitas siswa aktif mencapai 96%, sedangkan aktivitas siswa tidak aktif mencapai  4% (3) Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif. Dari hasil angket respon siswa diperoleh  87,55% siswa menjawab senang dan tidak senang diperoleh 12,55%, siswa menjawab baru  88,09 %, dan  11,9% siswa menjawab tidak baru, siswa menjawab setuju 88,50% dan tidak setuju 12,50%. (4) Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil persentase ketuntasan belajar siswa secara individu 77% siswa tuntas dan 23% siswa tidak tuntas. Sedangkan secara klasikal ketuntasan belajar siswa mencapai 76,81% karena terdapat 3 siswa yang mendapat nilai < 75.

Full text article

Generated from XML file

References

Hardini & Puspitasari (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.

In’am (2012). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Metakognitif. Malang: Selaras.

Isjoni (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lince (2001). Efisiensi Pengajaran. Jakarta: Balai Pustaka.

Masykur & Fathani (2007). Mathematical Intelligence Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Nur, M., & Wikandari, R. P. (1999). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.

Rusiyanti (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Kontruktivisme untuk melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2),185-205.

Thomas, P. (2014). E-learning dengan pendekatan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ekonomi dinamika pendidikan. JPE DP, IX(1), 21-40.

Safrina, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1). 9-20.

Simon S., Erduran, S. & Osborne J. (2006). Learning to teach argumentation: research and development in the science classroom. International Journal of Science Education. 28(2-3). 235-260.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sriyanto, H. J. (2007). Easy Math. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukiyanto, S. (2018). Pengembangan rencana pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe stad dan teori Vygotsky. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2). 31-41.

Authors

Sukiyanto Sukiyanto
cakyanto84@gmail.com (Primary Contact)
Sukiyanto, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Menggunakan Pendekatan Active Learning pada Materi Bangun Datar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 57–76. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2834

Article Details