Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Menggunakan Pendekatan Active Learning pada Materi Bangun Datar
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Hardini & Puspitasari (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia.
In’am (2012). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Metakognitif. Malang: Selaras.
Isjoni (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Lie (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Lince (2001). Efisiensi Pengajaran. Jakarta: Balai Pustaka.
Masykur & Fathani (2007). Mathematical Intelligence Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Nur, M., & Wikandari, R. P. (1999). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.
Rusiyanti (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Kontruktivisme untuk melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2),185-205.
Thomas, P. (2014). E-learning dengan pendekatan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ekonomi dinamika pendidikan. JPE DP, IX(1), 21-40.
Safrina, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1). 9-20.
Simon S., Erduran, S. & Osborne J. (2006). Learning to teach argumentation: research and development in the science classroom. International Journal of Science Education. 28(2-3). 235-260.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sriyanto, H. J. (2007). Easy Math. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sukiyanto, S. (2018). Pengembangan rencana pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe stad dan teori Vygotsky. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2). 31-41.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.