Peningkatan Lapisan Pemahaman Konsep Bangun Datar Mahasiswa Calon Guru dengan Penerapan Model Pembelajaran PRAKTAK

Viktor Sagala (1), Kusmiyati Kusmiyati (2), Sucipto Sucipto (3)
(1) Universitas Dr. Soetomo Surabaya Indonesia, Indonesia,
(2) Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan lapisan pemahaman konsep bangun datar mahasiswa calon guru dengan menerapkan model pembelajaran praktikum-aksiomatik (PRAKTAK). Model pembelajaran PRAKTAK ini masih dalam tahap pengembangan, semetara itu evaluasi dilakukan dengan memanfaatkan model lapisan pemahaman konsep Pirie-Kieren modifikasi yang telah dihipotesiskan tahun 1994 dan dikembangkan oleh para ahli psikologi kognitif sejak 2003 hingga 2017, diantaranya oleh Meel, Manu, Droujkova, Martin, Parameswaran, Walter hingga Sagala. Sebelum penerapan model pembelajaran PRAKTAK, subjek memenuhi lapisan pemahaman keempat (property noticing). Setelah pembelajaran model PRAKTAK, seperangkat soal dikerjakan oleh subjek setelah, kemudian dilakukan wawancara berbasis lembar kerja. Data berupa lembar kerja dan transkrip wawancara dianalisis secara kwalitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah pembelajaran model PRAKTAK lapisan pemahaman subjek meningkat, sehingga memenuhi lapisan keenam (observing).

Full text article

Generated from XML file

References

Droujkova, A., Berenson, B., Slaten, K. & Tombes, S. (2011) “A Conceptual Framework for Studying Teacher Preparation: The Piere-Kieren Model, Collective Understanding and Metaforâ€. Proceeding of the 29th Conference of the International Group for the Mathematical Education. Volume 2:289-296.

Dubinsky, E & Wilson, R. (2013) “High School Students’ Understanding of the Function Conceptâ€. the Journal of Mathematical Behavior 32 (2013) 83 101. For a pre-publication draft PDF, http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0732312312000582.

Jones, B. F., & Knuth, R. A. (1991). What does Research Say about Mathematics? [on-line]. Available: http://www. ncrl.org/sdrs/areas/stw_esys/2math.html. Manu. (2005) Language Switching and Mathematical Understanding in Tongan Classrooms: An Investigation.Journal of Educational Studies.Vol 27, Nomor 2, diakses 6 Maret 2015.

Martin, L. C. (2008) Folding back and the dynamical growth of mathematical understanding: Elaborating the Pirie-Kieren Theory The Journal of Mathematical Behavior, 2008-Elsevier Volume 27, Issue 1, 2008, Pages 64-85 Online diakses 28 Agustus 2018.

Meel, D. E. (2003) Model and Theories of Mathematical Understanding: Comparing Piere-Kieren’s Model of the Growth of Mathematical Understanding and APOS Theory. CMBS Issues in Mathematical Education. Volume 12, 2003.

Moleong, J. (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Nur, M. (2011) Ketrampilan-ketrampilan Proses Sains, Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Parameswaran, R. (2010) Expert Mathematicians Approach to Understanding Definition, The Mathematic Educator Vol 20, Number I:45-51.

Pegg, J. & Tall, D. (2005) The fundamental cycle of concept construction underlying various theoretical frameworks, Proceedings of PMEVolume 37, Issue 6, pp 468-475 Online http://link.springer.com/article/10.1007/BF02655855#page-2.

Piere, S. & Kieren, T. (1994) Growth in Mathematical Understanding: How we Can Characterize it an How can Represent it. Education Studies in Mathematics, 9, 160-190.

Sagala, V. (2016) Profil Lapisan Pemahaman Konsep Turunan Fungsi dan Bentuk Folding Back Mahasiswa Calon Guru Berkemampuan Matematika Tinggi Berdasarkan Gender, MUST: Journal of Mathematics Education Vol 1, No 2 (2016) http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/8384

Sagala, V. (2017) STRUKTUR LAPISAN PEMAHAMAN KONSEP TURUNAN FUNGSI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA Jurnal Didaktik Matematika ISSN 2355-4185 (print) | 2548-8546 (online) http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM.

Tall, David. 1993. The Transition from Arithmetics to Algebra: Numbers Patterns of Proceptual Programming? New Directions in Algebra Education, Queensland University of Teachnology, Brisbane, 213-231.

Tall, David. 1999. “Reflections on APOS theory in Elementary and Advanced Mathematical Thinkingâ€. Presented at PME23, Haifa, Israel. Vol 1, 111–118. http://www.warwick.ac.uk/staff/ David. Tall/pdfs/dot1999c-apos-in-amt-pme.pdf. Diakses tanggal 30 Juni 2018.

Winataputra, Udin S. (2001) Strategi Belajar Mengajar IPA, Jakarta: Universitas Terbuka.

Authors

Viktor Sagala
viktor.sagala@unitomo.ac.id (Primary Contact)
Kusmiyati Kusmiyati
Sucipto Sucipto
Sagala, V., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2018). Peningkatan Lapisan Pemahaman Konsep Bangun Datar Mahasiswa Calon Guru dengan Penerapan Model Pembelajaran PRAKTAK. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.30651/must.v3i2.1845

Article Details