Peningkatan Lapisan Pemahaman Konsep Bangun Datar Mahasiswa Calon Guru dengan Penerapan Model Pembelajaran PRAKTAK

Viktor Sagala (1), Kusmiyati Kusmiyati (2), Sucipto Sucipto (3)
(1) Universitas Dr. Soetomo Surabaya Indonesia, Indonesia,
(2) Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan lapisan pemahaman konsep bangun datar mahasiswa calon guru dengan menerapkan model pembelajaran praktikum-aksiomatik (PRAKTAK). Model pembelajaran PRAKTAK ini masih dalam tahap pengembangan, semetara itu evaluasi dilakukan dengan memanfaatkan model lapisan pemahaman konsep Pirie-Kieren modifikasi yang telah dihipotesiskan tahun 1994 dan dikembangkan oleh para ahli psikologi kognitif sejak 2003 hingga 2017, diantaranya oleh Meel, Manu, Droujkova, Martin, Parameswaran, Walter hingga Sagala. Sebelum penerapan model pembelajaran PRAKTAK, subjek memenuhi lapisan pemahaman keempat (property noticing). Setelah pembelajaran model PRAKTAK, seperangkat soal dikerjakan oleh subjek setelah, kemudian dilakukan wawancara berbasis lembar kerja. Data berupa lembar kerja dan transkrip wawancara dianalisis secara kwalitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah pembelajaran model PRAKTAK lapisan pemahaman subjek meningkat, sehingga memenuhi lapisan keenam (observing).

References

Read More

Authors

Viktor Sagala
viktor.sagala@unitomo.ac.id (Primary Contact)
Kusmiyati Kusmiyati
Sucipto Sucipto
Sagala, V., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2018). Peningkatan Lapisan Pemahaman Konsep Bangun Datar Mahasiswa Calon Guru dengan Penerapan Model Pembelajaran PRAKTAK. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.30651/must.v3i2.1845

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.