FKIP UMSurabaya

Analisis Stimulasi Kemampuan Literasi Siswa PAUD Melalui Mendongeng

Aristiana Prihatining Rahayu

Sari

Abstrak

Kondisi literasi di Indonesia yang berada pada peringkat bawah, bisa menjadi gambaran kualitas pendidikan di Indonesia yang masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura. Berdasarkan survei tahun 2018 Programme for International Student Assessment (PISA) berada di peringkat 72 dari 77 negara terkait nilai kompetensi membaca. Hal ini membutuhkan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi di berbagai jenjang pendidikan termasuk di PAUD. Penelitian “Analisis Stimulasi Kemampuan Literasi Siswa PAUD Melalui Mendongeng” dilakukan di TK ABA Tegalrejo Widang, kabupaten Tuban bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemmapuan literasi siswa di TK ABA Tegalrejo Widang, Tuban setelah mendapatkan stimulasi storytelling melalui kegiatan mendongeng yang dilakukan pendidik di sekolah. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel siswa secara purposive. Data/informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan informasi lebih detail juga dilakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan guru di sekolah. Hasil dari penelitian tersebut menemukan bahwa stimulasi dengan membacakan dongeng melalui buku (read aloud) di kelas mampu memotivasi siswa untuk senang belajar membaca. Para siswa termotivasi belajar membaca dengan keinginan bisa membaca sendiri buku-buku cerita. Kegiatan mendongeng, selain memotivasi siswa untuk semangat membaca juga melatih kemampuan  komunikasi serta membangun rasa percaya diri siswa.

Kata kunci : mendongeng,  membaca, stimulasi

 

Kata Kunci

PG PAUD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anindyarini, atikah., Sumarwati. Dkk. 2019. “ Strategi Mengidupkan Budaya Literasi melalui Dongeng “. Prosiding seminar Pengabdian Masyarakat II, Universitas Slamet RIyadi.

Hudhana, Winda Dwi dan Dilla Fadhillah. 2018. “Menumbuhkan Kecerdasan Bahasa dan Karakter Bangsa Melaluiu Aktivitas Mendongeng Pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Ligua Rima. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang, Volume 7 No. 1 januari 2018 PP 99-105.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/05/154418571/nilai-pisa-siswa-indonesia-rendah-nadiem-siapkan-5-strategi-ini?page=all.

https://www.bps.go.id/publication/2020/10/22/7318afd993e5483a36649b4d/analisis-perkembangan-anak-usia-dini-indonesia-2018-integrasi-susenas-dan-riskesdas-2018.html

Lennox, S. 2013. Interactive read aloud -an avenue for enhancing children’s language for thingking and understanding: A review of recen research. Early Childhood Education Jounal. 41 (5), 382-385

Otto, B. 2015. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Tim Penerjemah Penanda Media Group). Jakarta: Kencana

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta.Kencana.Penanda


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.12355

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.