Minat Dan Motivasi Belajar Dalam Mempengaruhi Komitmen Belajar Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surabaya

Penulis

  • Eka Maulida Rohmah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v1i1.9698

Abstrak

The purpose of this study was to determine the Influence of Interest and Learning Motivation on Study Commitment of Accounting Students at Muhammadiyah University of Surabaya. The method used is descriptive quantitative. Data collection is done by using a questionnaire. Determination of the sample in this study using the Yamane formula with the number of respondents 125 respondents. The results of this study indicate that interest in learning has a significant effect on accounting students' learning commitment. While Learning motivation has a significant effect on accounting learning commitment, and the independent variables in the form of interest in learning and learning motivation simultaneously has a significant effect on the dependent variable, which is commitment to study accounting for accounting students at Muhammadiyah University of Surabaya.

Keywords: Learning Interest; Learning Motivation; and Learning Commitment.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Komitmen Belajar Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Yamane dengan jumlah responden 125 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh signifikan terhadap komitmen belajar mahasiswa akuntansi. Sedangkan Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap komitmen belajar akuntansi, dan variabel bebas berupa minat belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu komitmen belajar akuntansi pada mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kata Kunci: Minat Belajar; Motivasi Belajar; dan Komitmen Belajar.

Referensi

Amalia, Dita dan kawan-kawan. 2016. Profil Komitmen Belajar Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Taruna Bhakti Depok. Jurnal Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta.

Atik, Linda dan Sugeng Sutrisno. 2016. Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. (Studi empiris pada mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis UNTAG Semarang),Vol. 31 No. 1, Hal 26 – 38, ISSN: 085-1442

Aulia, Fadhilah. 2014. Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi publikasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial Fakultas Keguruan Dan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Dimyati, dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Rineke Cipta. Jakarta

Dirwan. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komitmen Mahasiswa Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta. Cakrawala Pendidikan, No. 3, hal 379 - 391

Fatihudin, Didin. 2015. Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonom, Manajemen dan Akuntansi. Sidoarjo: Zifatama Publisher

Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM.

Hertanto, Eko. 2015. Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala, Metode penelitian, jurnal publikasi. Jakarta.

Lingga, Tamara.2019 Pengaruh Kreativitas Dan Komitmen Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kabupaten Bandung). Skripsi publikasiUniversitas Pendidikan Indonesia

Megasari, Ryma.2015.Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surabaya.Publikasi Ilmiah pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhamadiyah Surabaya

Muliani, dan kawan – kawan. 2015. Motivasi, Komitmen Dan Budaya Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Kursus Toefl Preparation Pada Pusat Bahasa. Jurnal Analisis Universitas Hasanuddin, Vol. 4 No. 2 : 190 – 195, ISSN 2303-100X

Mutia, Atika. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilkau Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). Artikel pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Prasetyaningsih, Erna. 2018. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Akhir Angkatan 2014 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Prasetyo, Ari dan Febriana Wurjaningrum. 2008. Pengaruh Stres Terhadap Komitmen Mahasiswa-Mahasiswa Universitas Airlangga Untuk Menyelesaikan Pendidikan Mereka Dengan Faktor Kecemasan Sebagai Variabel Moderator. Majalah Ekonomi Staf Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, No. 3, hal 257 - 270

Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang Dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Skripsi publikasi pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang

Rusmaini. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI SUMBAR, Vol 1 No. V, Hal 82 – 99, ISSN: 2503-5142

Santrock. (2008). Educational psychology (2nd ed.). Jakarta: Kencana

Slameto. 2010. Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Rineke Cipta. Jakarta

Sugiyono. 2018. Metode peneltiian kuantitatif. Alfabeta. Bandung

Supriano, Edy dan Mifkhatun Nikmahi. 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akutansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi ditinjau dari gender dan status akreditasi program studi. Jurnal akuntansi Indonesia, Vol.2 No. 1, Hal 17-25.

Susanti, Susi dan kawan-kawan. 2017. Pengaruh Minat Belajar, Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, Vol.13 Edisi Khusus, Hal 127 – 134

Wantu, Tuti dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Panduan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Komitmen Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas.Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Vol. 8 No. 3 Hal.199-279.

Wisma, Yunanda. 2016.Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Minggir. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

https://feb.um-surabaya.ac.id

www.suwardjono.com

www.um-surabaya.ac.id

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-28