Analisis Penerapan Akuntansi Berdasarkan SAK EMKM Pada UMKM Dwi Loundry

Penulis

  • Amrizal Imawan universitas muhammadiyah lamongan
  • Ninik Mas’adah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Maya Safitri Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Faiz Abdillah Fadhil Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v3i2.20865

Kata Kunci:

Laporan Keuangan, SAK EMKM, dan UMKM

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian penerapan akuntansi berdasarkan SAK EMKM pada UMKM Dwi Loundry. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta penerapan pencatatan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diambil dari usaha Dwi Loundry. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Dwi Loundry sudah menerapkan akuntansi tetapi pencatatan laporan keuangan yang dilakukan masih secara manual dan sangat sederhana serta penerapannya belum mengikuti ketentuan yang ada di SAK EMKM. Laporan keuangan yang dibuat usaha Dwi Loundry hanya berupa laporan laba rugi sedangkan laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan belum ada. Kendala yang menyebabkan belum diterapkannya SAK EMKM di usaha Dwi Loundry yaitu keterbatasan waktu dan belum mengetahui dan memahami pembuatan laporan skeuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keungan Entitas Mikro, Kecil, Menengah (SAK EMKM).

Referensi

Aulia, M. (2018). Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Mustarini, D. M., & Fathah, R. N. (2023). Implementasi pemahaman dan kesiapan SAK EMKM pada UMKM Giri Sembada. In Proceeding of National Conference on Accounting & Finance (pp. 229-242).

Purwatingnisih. (2020). “Pentingkah Laporan Keuangan Bagi UMKM ? - KJA ASP.” KJA ASP. https://www.kjaatik.id/blogumkm-2/ . Diakses pada tanggal 1 Juni 2023.

Rais, M. (2019). Analisis Sistem Pencatatan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Baubau. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 2(1), 60-71.

Safitri, S. Y. (2019). Analisis penerapan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada gabungan kelompok tani (gapoktan) Mulyo Rejo Sambeng Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Sularsih, H., & Sobir, A. (2019). Penerapan akuntansi SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan pada UMKM Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. JAMSWAP: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen STIE Walisongo Pasuruan, 4(4), 10-16.

Undang-Undang UMKM 2008 Pasal 1.

Undang-Undang UMKM Tahun 2008 Pasal 6

Utomo, L. P. (2019). Evaluasi Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 2(1), 71-83.

Yuliati, N. N., Wardah, S., & Widuri, B. (2019). Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi pada UMKM Kerupuk Kulit Tradisional Kelurahan Seganteng). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (ALIANSI), 2(2), 172-185.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-21