Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) Ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajara Brain Based Learning. (b) Penerapan model pembelajaran Brain Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis termasuk pada kategori tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Grup Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah salah satu kelas dari keseluruhan populasi yaitu kelas VII F. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 30,91 dan nilai ttabel sebesar 1,795 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (30,91 > 1,795) artinya ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajara Brain Based Learning. Peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kategori tinggi dengan diperoleh zhitung sebesar 1,66. Menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ciawigebang.
Artikel teks lengkap
Referensi
Aminuddin, H. N. (2015). Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa.
Jensen, E. (2008). Brain Based Learning:Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. (N. Yusron, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Vol. 8). Jakarta: Kencana.
Simajuntak, L. (1993). Metode Mengajar Matematika. 73.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukoco, H. (2014). Efektivitas Pendekatan Brain Based Learning ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal AgriSains 05 (2), 148.
Syarwan, R. (2016). Jurnal Pendidikan Matematika .
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.