Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT with Random Name Number terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Aljabar Elementer

Eka Susilowati (1)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Motivasi dari penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa prodi Pendidikan Matematika pada mata kuliah Aljabar Elementer. Sehingga diterapkan model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu Model Kooperatif Tipe NHT with Random Name Number. Tujuan penelitian ini diantaranya (1) untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT with Random Name Number, (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT with Random Name Number terhadap hasil belajar mahasiswa, dan (3) apabila terdapat pengaruh, berapa besar pengaruh model tersebut terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang mengikuti mata kuliah Aljabar Elementer. Adapun sampel penelitian adalah kelas 2019 A dan C. Teknik pengumpulan data adalah tes. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan uji t dengan terlebih dahulu diuji apakah data berdistribusi normal atau tidak, dan homogen atau tidak. Berdasarkan hasil uji t pada data, diperoleh bahwa t-hitung = 0,592041536 < 1.682878002 = t-tabel. Hasil dari penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT with Random Name Number terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Full text article

Generated from XML file

References

Angraeni, L., & Puspitasari, H. (2019). Pengaruh media simulasi komputer terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kinematika gerak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.29659

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.

Bainamus, P. M., Hartanto, & Abdullah, M. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran hibrid matematika pada sekolah menengah pertama negeri 1 Curup Tengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16–23. http://dx.doi.org/10.22342/jpm.11.2.3367.

Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84-93.

Lakkas, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 12-24. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.4135

Lestari, N., Hartono, Y., Purwoko, P. (2016). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap penalaran matematika siswa sekolah menengah pertama palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81-95. http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3284.81-95

Madio, S. S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-16. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3637.93-108

Nurdyanto, H. E., Indana, S., & Agustini, R. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan spices continuing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 58-65. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p58-65

Putri, N. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (students teams achievement division) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Rahmiati, R., & Fahrurrozi, F. (2016). Pengaruh pembelajaran missouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86

Rumapea, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pemberian soal open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–14.

Sandri, M. (2018). Pengaruh media lagu terhadap hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas 5 SD negeri 5 Kota Bengkulu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 1-8. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.698

Suparni, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD negeri 1 Metro Timur. Lampung: Universitas Lampung.

Sutriningsih, N., Pratiwi, R., & Utami, B. H. S. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). JURNAL E-DuMath, 4(2), 11-20. https://doi.org/10.26638/je.717.2064

Authors

Eka Susilowati
eka_s@unipasby.ac.id (Primary Contact)
Author Biography

Eka Susilowati, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Mathematics Education Departement
Susilowati, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT with Random Name Number terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Aljabar Elementer. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 182–196. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6190

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.