Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas VII F SMPN 1 Prambon

Eko Amirudin (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada pengelompokan peserta didik dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda ke dalam kelompok-kelompok kecil. Sedangkan make a match merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yaitu dengan cara membuat pasangan belajar pada setiap siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIF semester 2 SMPN 1 Prambon tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat dari 65,76 % siklus I menjadi 75,17 % siklus II dan rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari 74,56 dengan persentase hasil belajar klasikal 72,2 % menjadi 80,06 dengan persentase hasil belajar klasikal 91.7 %.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Authors

Eko Amirudin
a.ekko@yahoo.com (Primary Contact)
Amirudin, E. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas VII F SMPN 1 Prambon. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/225

Article Details

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 

You may also start an advanced similarity search for this article.