Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan VAIR pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya
Abstrak
Matematika sering dianggap siswa sebagai pelajaran yang sulit, oleh karena itu guru harus menggunakan cara yang tepat dalam mengajarkannya. Salah satu solusi dari permasalahan itu adalah pembelajaran kooperatif dengan pendekatan VAIR yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar, serta respon siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan rancangan one shot-case study dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya yang berjumlah 16 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu data aktivitas siswa yang diperoleh melalui lembar pengamatan aktivitas, data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui soal evaluasi, serta data respon siswa yang diperoleh melalui lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa yang paling menonjol pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua adalah mendengarkan penjelasan guru atau siswa lain (Auditory) dengan prosentase masing-masing sebesar 19,65 % dan 21,84 %. Hasil belajar siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 87,5 %. Respon siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sangat positif dengan prosentase masing-masing sebesar 88,31 % dan 91,56 %.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta. Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertai tidak dipublikasikan. Surabaya: Unesa
Meier, D. 2002. The Accelerated Learning Hand Book Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Penelitian. (http://www.bathdeville.ac.id/gsdl/collect /arcives/N2890c1/7896.dir/doc.pdf) Diakses pada tanggal 3 Februari 2013 jam 12.30 Wib.
Putri, Suci Anugraheni. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Questions Student have Kelas VIII SMPN 28 Surabaya Tahun Ajaran 2010-2011. Surabaya:Universitas Muhammadiyah Surabaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan.
Sadirman, A.M. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto.2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiarto, Bambang. 2009. Mengajar Siswa Belajar Implementasi Guru di Dalam Kelas. Surabaya: Unesa University Press.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.