Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Media DOMAT di SD Integral Luqman Al Hakim Sumenep
Abstract
Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SD adalah rendahnya siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan bulat. Untuk mengatasi itu diperlukan penerapan media pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah media DOMAT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas IV A SD Integral Luqman Al Hakim pada pokok bahasan bilangan bulat, aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan media DOMAT dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan media DOMAT. Meningkatnya kemampuan siswa dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil analisis data kemampuan siswa kelas IV SD Integral Luqman Al Hakim dapat ditingkatkan dengan menggunakan media DOMAT. Rata-rata nilai siswa meningkat dari siklus 1 dengan rata-rata 64,5, meningkat sebesar 3% dari nilai awal (UAS) dan dari siklus 2 meningkat 30% dari siklus 1 dengan rata-rata 84,125. Hasil analisis aktivitas siswa yang sangat teliti pada saat bermain kartu DOMAT memperoleh presentasi terbesar, yaitu 50%. Respon siswa terhadap pembelajaran operasi hitung bilangan bulat melalui media DOMAT menunjukkan respon positif, yaitu dengan persentase 87,5% siswa setuju jika media DOMAT lam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat.
Full text article
References
Ardiana, Lynda, 2012. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surabaya Dengan Pendekatan Induktif Pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat. Skripsi. Surabaya: UM Surabaya Tidak Dipublikasikan.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Anitah W, Sri, dkk.2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Djamarah, S.B.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, 2007. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sadiman, arief, dkk. 2008. Media Pendidikan :Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ