Penerapan Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Balok Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya

Vindi Iktafi Masykuroh (1)
(1) Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle dalam pembelajaran matematika materi pokok balok siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan rancangan true experimental design yang digunakan untuk mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain dalam kondisi yang terkontrol. Untuk pembanding digunakan kelas kontrol yang diharapkan dapat mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dalam materi bangun ruang balok. Berdasarkan hasil analisis data, uji kesamaan dua rata-rata data postes dengan menggunakan uji Independent Samples Test Posttest dengan SPSS Ver.16, pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil thitung = 4,314 dan ttabel = 2,66. Berarti ttabel ≤ thitung. Dengan demikian H0 ditolak. Jika H0 ditolak maka H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan prestasi siswa dalam belajar matematika kedua kelas (eksperimen dan kontrol). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi siswa dalam belajar matematika yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika model Learning Cycle dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika model konvensional.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Authors

Vindi Iktafi Masykuroh
vindi.iktafi@gmail.com (Primary Contact)
Masykuroh, V. I. (2016). Penerapan Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Balok Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/207

Article Details

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.