Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Geogebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo

Ubaydillah Arifin (1), Umi Farihah (2)
(1) Institut Agama Islam Negeri Jember, Indonesia,
(2) Institut Agama Islam Negeri Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo. Metode penemuan terbimbing adalah suatu metode pembelajaran yang menghendaki siswa menemukan ide-ide dalam proses penemuan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes, pretest untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum diberikan perlakuan dan posttest untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sesudah diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan uji prasyarat, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat antara sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo. Sehingga metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan geogebra dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Full text article

Generated from XML file

References

Farihah, U. (2015). Pengaruh Program Interaktif Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(1), 11-23.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Manik, Mariani & Mukhtar. (2017). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibata. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 92-101.

Maxrizal. (2010). Penggunaan Software Geogebra dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Segiempat bagi Siswa Kelas VIIC SMPN 2 Depok. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nufus, K. (2015). Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Persada, A. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan pada Pokok Bahasan Segiempat). EduMa, 5(2), 23-33.

Rahayuningsih, R. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Software Geogebra untuk Mendukung Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Segitiga di Kelas VII SMPK Kemasyarakatan Kalibawang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sari, R. P. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Lingkaran Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Bengkulu.

Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Negeri Semarang.

Tamami, R. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Powerpoint untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1), 1-12.

Authors

Ubaydillah Arifin
ubaydillah18.arifin@gmail.com (Primary Contact)
Umi Farihah
Arifin, U., & Farihah, U. (2019). Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Geogebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 171–178. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3507

Article Details