Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Program Linear Kelas XI di SMA Widya Dharma Surabaya

Ira Wulan Sari (1), Sumuslistiana Sumuslistiana (2)
(1) IKIP Widya Darma Surabaya, Indonesia,
(2) IKIP Widya Darma Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui aplikasi mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran yang berkualitas sehingga memudahkan siswa untuk mempelajari materi tersebut, serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Widya Dharma Surabaya pada materi program linear. Jenis penelitian ini berupa pengembangan dengan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan (Needed Asses), tahap perancangan (Design) dan tahap pengembangan/implementasi (Develop atau Implementation). Tempat dan subyek penelitian untuk melakukan uji coba terbatas di Sekolah Menengah Atas Widya Dharma Surabaya kelas XI, dengan subyek penelitiannya sebanyak 20 siswa dengan kemampuan yang heterogen. Metode dan teknik analisis data penelitian untuk melihat berkualitas baik tidaknya aplikasi tersebut dengan mengacu pada Nieveen yaitu analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan aplikasi mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Widya Dharma Surabaya pada pokok bahasan Program Linear. Hasil dari penelitian yang dilakukan, bahwa Aplikasi yang dibuat dapat dikatakan: (a) valid oleh para validator ahli materi dan media dengan rata-rata penilaian seluruh aspek sebesar 3,37; (b) praktis, melalui rata-rata penilaian seluruh aspek oleh guru mitra sebagai pengguna I sebesar 3,36 dalam kategori valid dan memenuhi kelayakan untuk digunakan baik oleh para validator ahli materi dan media, serta pengguna I; (c) efektif, melalui rata-rata hasil penilaian uji kompetensi para siswa sebagai pengguna II berdasarkan perhitungan N-Gain sebesar 0,70 dalam kategori tinggi dan rata-rata hasil angket respon para siswa sebesar 82% dalam kategori respon positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran yang bernama Prolin Edu App dapat dikatakan berkualitas baik.

Full text article

Generated from XML file

References

Ally, Muhamed. (2009). Mobile learning: transforming the delivery of education and training. Québec: AU Press.

Hasyim, Adelina. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media akademi.

Kemdikbud. 2013. Aplikasi Mobile Tutorial Matematika. www.kesekolah.com/tutorial/tutorial-matematika.html. Diakses 15 April 2015.

Mardapi, Djemari. (2004). Penyusunan Test Hasil Belajar. Yogyakarta.

Nieveen,dkk. 2013. Educational Design Research. Enschede: SLO.

Purbasari, Rohmi Julia. 2013. Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang (tidak dipublikasi).

Safaat, Nazrudin. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Authors

Ira Wulan Sari
sheira.ws@gmail.com (Primary Contact)
Sumuslistiana Sumuslistiana
Author Biographies

Ira Wulan Sari, IKIP Widya Darma Surabaya

Pendidikan Matematika

Sumuslistiana Sumuslistiana, IKIP Widya Darma Surabaya

Pendidikan Matematika
Sari, I. W., & Sumuslistiana, S. (2018). Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Program Linear Kelas XI di SMA Widya Dharma Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 175–193. https://doi.org/10.30651/must.v3i2.2000

Article Details