Pengaruh Metode Improve terhadap Kreativitas Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTS Syekh Subakir pada Materi Bangun Datar

Muhalizah Muhalizah (1)
(1) IAIN TULUNGAGUNG

Abstract

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dipelajari dan diajarkan pada jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai setiap siswa untuk dibekali dengan kemampuan berfikir logis, analisis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama (Depdiknas, 2006: 153). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiada tidaknya pengaruh Metode PembelajaranImprove terhadap kreatifitas kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar bagi siswa kelas VII A Mts Syekh Subakir 01 Nglegok Blitar. Metode pembelajaran IMPROVE merupakan akronim dari Introducing, the new concept, Matacognitive questioning, Practicing, Reviewing and reducing difficulties, Obtaining mastery, Verification, dan Enrichment. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII A Mts Syekh Subakir 01 Nglegok Blitar. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Teknik Cluster Random Sampling dengan banyak siswa 32 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Desain penelitian ini adalah True-Experimental Design bentuk Posttest-Only Control Derign. Rata-rata hasil test kratifitas kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol sebesar 80,03 dengan standar deviasi 10,918kelas ekperimen sebesar 86,25 dengan standar deviasi 6,951. Adapun rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 79,44 dengan standar deviasi 10,531 dan kelas ekperimen sebesar 87,91 dengan standar deviasi 7,498. Nilai signifikansi model pembelajaran Metode Improve, x, terhadap kratifitas kemampuan komunikasi matematis ( ) sebesar 0,009 < 0,05. Hal ini berarti model pembelajaran Metode Improve, x, berpengaruh terhadap kreatifitas kemampuan komunikasi matematis ( ). Dapat disimpulkan bahwa kreatifitas kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol lebih baik dari kratifitas kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen. Adapun nilai signifikansi model pembelajaran Metode Improve, x, terhadap hasil belajar siswa ( ) sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti model pembelajaran Metode Improve, x, berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ( ). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari  hasil belajar  siswa kelas kontrol.

References

Read More

Authors

Muhalizah Muhalizah
muhaliza997@gmail.com (Primary Contact)
Muhalizah, M. (2018). Pengaruh Metode Improve terhadap Kreativitas Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTS Syekh Subakir pada Materi Bangun Datar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1613

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.