Pengaruh Pembelajaran Matematika Diskrit dengan Blended Learning terhadap Hasil Belajar

Siti Aminah (1)
(1) STIKI Malanh, Indonesia

Abstract

Matematika Diskrit adalah mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa Teknik Informatika STIKI pada semester pertama. Namun, pembelajaran Matematika Diskrit yang sudah pernah dilakukan, kurang maksimal dalam penggunaan LMS. Penggunaan model pembelajaran yang tepat pada mata kuliah Matematika Diskrit dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Selain itu, selalu ada mahasiswa yang hadir tidak konsisten di setiap pertemuan. Akibatnya hasil belajar mahasiswa tidak baik. Artinya bahwa nilai akhir mahasiswa banyak yang mendapatkan nilai C atau kurang dari C. Oleh karena itu, dibutuhkan model sistem pembelajaran blended pada mata kuliah Matematika Diskrit yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pembelajaran blended terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen One-Group Pre-Test Post-Test Design. Setelah dilakukan uji coba terhadap model sistem pembelajaran blended Matematika Diskrit, terjadi perbedaan terhadap hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran blended. Dengan kata lain, pembelajaran blended berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada tingkat kepercayaan 95%. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan valid dengan nilai 3,58. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan praktis dengan nilai 3. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan hampir efektif bagi mahasiswa dengan nilai rata-rata 2.9 dari seluruh indikator.

Full text article

Generated from XML file

References

Chaeruman, U. A. 2017. PEDATI model desain sistem pembelajaran blended . Jakarta: Ristekdikti.

Ghavifekr, S. & Rosdy W.A.W. 2015. Teaching and learning with technology : Effectiveness of ICT Integration in School. International Journal of Research in Education and Science, Volume 1, Issue 2,Summer 2015. ISSN: 2148-9955.

Hamid K, Abdul dan Arnesti, Novita. 2015. Penggunaan media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal teknik Informatika dan Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2 No. 2, 16 Maret 2016, ISSN : 2407-7437.

Parta, I. N. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry untuk Penghalusan Pengetahuan Matematika Mahasiswa Calon Guru melalui Pengajuan Pertanyaan. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Pathoni, Hairul dan Aminoto, Tugiyo. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, Vol. 8, No. 1, Juni 2014, ISSN : 1979-0910

Prasetyo, Iis. 2012. Teknik Analisa Data dalam Research and Development. dapat dilihat di http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.pdf, diakses 24 Mei 2017.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Santoso, E. 2009. Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar kimia ditinjau dari kemampuan awal siswa. Tesis. Tidak dipublikasikan. Surakarta: PPs. Universitas sebelas maret.

Authors

Siti Aminah
sitiaminah@stiki.ac.id (Primary Contact)
Aminah, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika Diskrit dengan Blended Learning terhadap Hasil Belajar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1456

Article Details