Pengaruh Pembelajaran Matematika Diskrit dengan Blended Learning terhadap Hasil Belajar
Abstract
Matematika Diskrit adalah mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa Teknik Informatika STIKI pada semester pertama. Namun, pembelajaran Matematika Diskrit yang sudah pernah dilakukan, kurang maksimal dalam penggunaan LMS. Penggunaan model pembelajaran yang tepat pada mata kuliah Matematika Diskrit dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Selain itu, selalu ada mahasiswa yang hadir tidak konsisten di setiap pertemuan. Akibatnya hasil belajar mahasiswa tidak baik. Artinya bahwa nilai akhir mahasiswa banyak yang mendapatkan nilai C atau kurang dari C. Oleh karena itu, dibutuhkan model sistem pembelajaran blended pada mata kuliah Matematika Diskrit yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pembelajaran blended terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen One-Group Pre-Test Post-Test Design. Setelah dilakukan uji coba terhadap model sistem pembelajaran blended Matematika Diskrit, terjadi perbedaan terhadap hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran blended. Dengan kata lain, pembelajaran blended berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada tingkat kepercayaan 95%. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan valid dengan nilai 3,58. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan praktis dengan nilai 3. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan hampir efektif bagi mahasiswa dengan nilai rata-rata 2.9 dari seluruh indikator.
Full text article
References
Chaeruman, U. A. 2017. PEDATI model desain sistem pembelajaran blended . Jakarta: Ristekdikti.
Ghavifekr, S. & Rosdy W.A.W. 2015. Teaching and learning with technology : Effectiveness of ICT Integration in School. International Journal of Research in Education and Science, Volume 1, Issue 2,Summer 2015. ISSN: 2148-9955.
Hamid K, Abdul dan Arnesti, Novita. 2015. Penggunaan media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal teknik Informatika dan Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2 No. 2, 16 Maret 2016, ISSN : 2407-7437.
Parta, I. N. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry untuk Penghalusan Pengetahuan Matematika Mahasiswa Calon Guru melalui Pengajuan Pertanyaan. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Pathoni, Hairul dan Aminoto, Tugiyo. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, Vol. 8, No. 1, Juni 2014, ISSN : 1979-0910
Prasetyo, Iis. 2012. Teknik Analisa Data dalam Research and Development. dapat dilihat di http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.pdf, diakses 24 Mei 2017.
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Santoso, E. 2009. Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar kimia ditinjau dari kemampuan awal siswa. Tesis. Tidak dipublikasikan. Surakarta: PPs. Universitas sebelas maret.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ