Analisis Perkembangan Emosional Anak Berkebutuhn Khusus Hiperaktif Dan Gangguan Konsentrasi Di Tk Aisyiyah 33 Surabaya

Isi Artikel Utama

Isroun Nissa

Abstrak

Perkembangan emosional anak berkebutuhan khusus hiperaktif dan gangguan konsentrasi adalah gangguan yang terjadi pada anak usia dini yang berpengaruh pada kesulitan dalam proses pembelajaran saat di kelas. Perkembangan emosional sangat berkaitan dengan gangguan ini karena emosi dalam diri anak tidak dapat dikendalikan. Stimulus yang positif harus ditanamkan agar anak dapat memahami konsep diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan anak berkebutuhan khusus hiperaktif dan gangguan konsentrasi di TK Aisyiyah 33 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aspek perkembangan terutama aspek emosional anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa deskriptif yang berisi kata-kata dalam deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitiannya adalah anak berkebutuhan khusus hiperaktif dan gangguan konsentrasi (ADHD). Hasil penelitian dapat ditemukan perkembangan emosional anak mempengaruhi kondisi anak berkebutuhan khusus hiperaktif dan gangguan konsentrasi (ADHD), sehingga anak kurang memahami emosi dalam diri seperti menunjukkan ekspresi bahagia, kemrahan dan kekecewaan yang berlebihan. Hal ini yang di latar belakangi oleh beberapa faktor yang ditemukan yaitu faktor kematangan, pola asuh, konsep diri, pengobatan, kecerdasan emosi, dan lingkungan.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Hapsari,Indri,Iriana. (2016). Psikologi Perkembanagan Anak.Cetakan Pertama. Kembangan-Jakarta Barat: Permata Puri Media.
  2. Hurlock, Elizabeth B.(1978). Psikologi Perkembangan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
  3. Isnanto, Yuli. (2012). Mendidik Anak ADD (Attention Deficit Disorder). Jogjakarta: Javalitera: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam terbitan (KDT).
  4. Santoso,Hargio. (2012). Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gosyen Publishing.