Isi Artikel Utama

Abstrak

Pembelajaran selama pandemi menuntut guru dapat beradaptasi dengan teknologi untuk menyajikan pembelajaran yang bermakna. Namun kurangnya kemampuan teknologi terkhusus dalam bidang desain grafis menjadi permasalah untuk menghadirkan bahan ajar yang menarik dan efektif bagi siswa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membuat bahan ajar berbasis komik menggunakan adobe illustrator. Kegiatan ini menggunakan metode fenomenologi yaitu metode untuk memahami makna yang tersembunyi dan hakiki dari suatu pengalaman. Kegiatan ini melibatkan 19 guru SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Tahapan kegiatan PKM ini meliputi tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara selama kegiatan berlangsung, dan dokumentasi. Data yang diperoleh oleh tim PKM selanjutnya akan di analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan membuat bahan ajar berbasis komik dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu:  teknologi yang digunakan, kesulitan dalam desain dan motivasi guru. Kegiatan PKM ini memberikan pemaparan yang jelas dalam pemanfaatan aplikasi adobe illusutrator (AI) dalam proses pembuatan bahan ajar berbasis komik.

Kata Kunci

Desain Grafis Adobe Illustrtor Bahan Ajar Komik Desain Grafis.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Gumilang, Maulani Rizky, Wahyudi Wahyudi, and Endang Indarini. 2019. “Pengembangan Media Komik Dengan Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.†Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3, no. 2: 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860.
  2. Jubaedi, Ahmad Dedi, and Samsul Bahri. 2018. “Model Pembelajaran Kosakata Tiga Bahasa Berbasis Game (Studi Kasus Pengenalan Buah-Buahan).†PROSISKO 5, no. September: 102–8. papers2://publication/uuid/512EBCE8-D635-4348-A67D-22DD52988F4C.
  3. Kusnida, Faris, Mimi Mulyani, and Astini Su. 2015. “Keefektifan Penggunaan Media Audio Visual Dan Media Komik Strip Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Yang Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Berdasarkan Gaya Belajar.†Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 4, no. 2: 111–17.
  4. Latif, M Amirul, Chusnal Ainy, and Achmad Hidayatullah. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Rme.†JPM : Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1: 44. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i1.2969.
  5. Malasari, Nur, and Arif Rahman Hakim. 2017. “Pengembangan Media Belajar Pada Operasi Hitung Untuk Tingkat Sekolah Dasar.†JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 3, no. 1: 11–22. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.1911.
  6. Mulyati, Tri, Rida Fironika Kusumadewi, and Nuhyal Ulia. 2021. “Pembelajaran Interaktif Melalui Media Komik Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi†8, no. Mei: 28–39. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4054.
  7. Nurhidayah, Imroatun, and Muhammad Nur Wangid. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Buku Dongeng Berbasis Sainsmatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep.†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, no. 2: 259. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2688.
  8. Pramadi, I Putu Wina Yasa, I Wayan Suastra, and I Made Candiasa. 2013. “Pengaruh Penggunaan Komik Berorientasi Kearifan Lokal Bali Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika.†E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3: 1–10.
  9. Putra, Damar Rangga. 2020. “Pelatihan Membuat Infografis Menggunakan Adobe Illustrator Untuk Kementrian PUPR.†Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP) 3, no. 2: 54–59.
  10. Sanjaya, Rangga. 2016. “Multimedia Interaktif Pelatihan Service Excellent Menggunakan Pendekatan Story Based Learning.†Jurnal Informatika, 3, no. 1: 100–106.
  11. Siddik, Baihaqi, and Eko Febri Syahputra Siregar. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash.†SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4, no. 1: 396. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143.
  12. Syahriani, and Sofyan. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Materi Pteridophyta Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar.†BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6, no. 2: 118–32. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8855.
  13. Tri, Sutarsih, and Nashirah Hasyyati Atika. 2018. “Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2018.†https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=Mjc5NzE4NDVhOWQ2MTYzNDEzMzNkMTAz&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTgvMTIvMjQvMjc5NzE4NDVhOWQ2MTYzNDEzMzNkMTAzL3BlbmdndW5hYW4tZGFuLXBlbWFuZmFhdGFuLXRla25vbG9naS1pbmZvcm1hc2ktZGFu.
  14. Umar, Irfan Naufal, and Mohamad Tarmizi Mohd Yusoff. 2014. “A Study on Malaysian Teachers’ Level of ICT Skills and Practices, and Its Impact on Teaching and Learning.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 116: 979–84. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.331.
  15. Winarto, Ujang Khiyarusoleh, Aqib Ardiyansyah, Insih Wilujeng, and Sukardiyono. 2018. “Pocket Book Based on Comic to Improve Conceptual Understanding of Child Sex Abuse (CSA): A Case Study of Elementary School.†International Journal of Instruction 11, no. 4: 889–900. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11456a.