Isi Artikel Utama

Abstrak

Pandemi COVID-19 membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan termasuk aspek kesehatan mental. Tak hanya orang dewasa, kondisi psikologis remaja pun rentan terganggu oleh situasi. Salah satu upaya mengatasinya dapat dilakukan dengan cara memberikan pendidikan kesehatan(health education) melalui media daring, sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Pendidikan kesehatan melalui daring ini diharapkandapat menurunkan kecemasan remaja akibat pandemi. Kegiatan memberikan Pendidikan Kesehatan ini dilaksanakan kepada remaja yang mengalami kecemasan. Remaja terlebih dahulu diskrining tingkat kecemasannya Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Remaja yang terlibat dalam kegiatan ini adalah remaja yang mengalami kecemasan ringan dan sedang. Jumlah remaja yang diberikan Pendidikan Kesehatan sebanyak 5 orang remaja dengan klasifikasi tiga partisipan mengalami kecemasan ringan dan dua partisipan lainnya mengalami kecemasan sedang. Pelaksanaan pendidikankesehatan melalui daring dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat kecemasanberdasarkan skor yang diperoleh partisipan yang diukur mengunakan HARS. Tiga partisipan yang mengalami kecemasan ringan menjadi tidak cemas dan dua partisipan dengan kecemasan sedang menjadi cemas ringan.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Daring, Kecemasan, Remaja, Covid-19

Reducing Adolescent Anxiety during the Covid-9 Pandemic Through Online Health Education in Sutorejo, Mulyorejo District

ABSTRACK

The COVID-19 pandemic has brought changes to various aspects of life, including aspects of mental health. Not only adults, the psychological condition of teenagers is also vulnerable to being disturbed by the situation. One of the efforts to overcome this can be done by providing health education through online media, so as to minimize the spread of Covid-19. This online health education is expected to reduce adolescent anxiety due to the pandemic. The activity of providing Health Education is carried out for adolescents who experience anxiety. Adolescents were first screened for anxiety levels on the Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Adolescents who are involved in this activity are teenagers who experience mild and moderate anxiety. The number of adolescents who were given Health Education was 5 adolescents with a classification of three participants experiencing mild anxiety and two other participants experiencing moderate anxiety. The implementation of health education through online was carried out in three meetings. The results of the evaluation showed that there was a decrease in the level of anxiety based on the scores obtained by the participants as measured using HARS. Three participants who experienced mild anxiety became less anxious and two participants with moderate anxiety became mildly anxious.

Keywords: Health Education, Online, Anxiety, Youth, Covid-19

Kata Kunci

Pendidikan Kesehatan Daring Kecemasan Remaja Covid-19

Rincian Artikel

Referensi

  1. Artini, Friza Rahmi, Arina Maliya, Agus Sudaryanto. 2014. Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Leaflet Dengan Booklet Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Chikungunya Di Desa Trangsan Gatak Sukoharjo. Skripsi thesis,
  2. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  3. Ariyanti, Kadek Sri dkk.2019. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE) ISSN 2657-117X (online)
  4. Batubara, H. 2016. Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Program Studi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Al- Bidayah 8 (1): 39-50.
  5. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 2020. Covid-19.
  6. www.infocovid19.jatimprov.go.id Di akses tanggal 6 Juni 2020
  7. Ekadinata, Nopryan. 2017. Promosi Kesehatan Menggunakan Gambar dan Teks dalam Aplikasi WhatsApp pada Kader Posbindu. Journal of Community Medicine and Public Health Vol. 33 (11):
  8. -1130.
  9. Hawari. 2013. Manajemen Stres Cemas dan Depresi Cetakan Keempat, Ed. Kedua (Jakarta: FKUI).
  10. Hendriani, Dwi dkk. 2019. Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Tentang Menarche Terhadap Pengetahuan dan Kecemasan Siswa. Mahakam Midwifery Journal Vol 3(1): 24-32
  11. Iqbal, Muhammad. 2018. Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10 (1) (2018): 120-127 ISSN 2407-
  12. (Online).
  13. Iskandarsyah, A & Yudiana, W. 2020. Informasi COVID-19, Perilaku Sehat Dan
  14. Kondisi Psikologis Di Indonesia. Laporan Survei. Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran
  15. Kemenkes RI. 2020. Covid-19. Media Informasi Resmi Terkait Penyakit Infeksi Emerging https://infeksiemerging.kemkes.go
  16. .id/ di akses tanggal 12 juni 2020
  17. Kobayashi, Michiko. 2017. Students’ Media Preferences in Online Learning. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE. July 2017 18(3), ISSN 1302-6488.
  18. Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1 ISSN
  19. -2812 (Online).
  20. Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Jakarta: Salemba Medika).
  21. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) (www.pdskji.org, 2020).
  22. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.
  23. http://www.depkes.go.id/resources
  24. /download/infoterkini/materi_rako rpop_20 18/Hasil%20Riskesdas%202018.p df Di akses tanggal 12 Juni 2020
  25. Satgas Remaaja IDAI. 2013. Masalah Kesehatan Mental Emosional pada Remaja. Di akses pada https://www.idai.or.id/artikel/sepu tar-kesehatan-anak/masalah- kesehatan-mental-emosional- remaja
  26. Sutejo. 2018. Keperawatan Jiwa, Konsep dan Praktik Asuhan Keperawatan. Kesehatan Jiwa: Gangguan Jiwa dan Psikososial
  27. (Yogyakarta: Pustaka Baru Press).
  28. Stuart dan Sundeen. 2013. Keperawatan Jiwa Edisi 6 (Jakarta: EGC).
  29. Taylor, S. 2019. The Psychology of Pandemics:Preparing for the Next Global
  30. Outbreak of Infectious Disease (Newcastel: Cambridge Scholars Publishing).
  31. Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional. 2020. Tips Kesehatan Jiwa Menghadapi Situasi Dampak Pandemi COVID-19. Di akses pada https://covid19.go.id/p/berita/tips- kesehatan-jiwa-menghadapi- situasi-dampak-pandemi-covid-19 diakses tanggal 9 Juli 2020
  32. WHO. 2020. Catatan Catatan tentang aspek kesehatan jiwa dan psikososial wabah COVID-19 Versi 1.0. Di akses pada https://www.who.int/docs/defaults ource/searo/indonesia/covid19/cat atan-tentang-aspek-kesehatan- jiwa-dan-psikososial-wabah- covid-19-feb-2020 indonesian.pdf?sfvrsn=ebae5645_ 2 diakses tanggal 11 Juli 2020
  33. World Health Organization. 2019. Adolescent health. https://www.who.int/southeastasia
  34. /health-topics/adolescent-health diakses tanggal 6 Juni 2020