Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di usaha tanaman hias yang merupakan produk dari jenis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdiri dari 12 (Dua belas) pedagang tanaman hias dengan kepemilikan yang berbeda-beda, dan dengan jarak yang saling berdekatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan  kegiatan pemasaran yang optimal dan berdaya saing serta pencatatan keuangan yang sederhana dalam membantu menjalankan usahanya. Permasalahan yang dialami oleh pengusaha tanaman hias, diantaranya pemasaran yang belum optimal, bukti transaksi yang belum memadai, terbatasnya modal serta sulitnya akses kepada lembaga keuangan. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan tersebut diawali dengan survei ke lokasi, tahap pelaksanaan memberikan pendampingan dalam pemasaran ke konsumen melalui pelatihan pemasaran yang efektif dan pendampingan dalam pencatatan transaksi yang ada di tempat tanaman hias, tahap terakhir yaitu tahap monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pengusaha tanaman hias dalam melaksanakan kegiatan pemasaran kepada konsumen dan pencatatan keuangan yang benar dan sesuai standar akuntansi.

Kata kunci: Implementasi Pemasaran; Pencatatan Penjualan Sederhana; UMKM

 

Implementasi Marketing And Simple Sales Recording on UMKM Ornamental Plants Arcamanik Sub-District Bandung

ABSTRACT

This community service is carried out in the ornamental plant business which is a product of small and medium micro enterprises (UMKM) consisting of 12 (Twelve) ornamental plant traders with different ownership, and with close proximity to each other. This activity aims to realize optimal and competitive marketing activities as well as simple financial recording in helping to run its business. Problems experienced by ornamental plant entrepreneurs, such as optimal marketing, inadequate transaction evidence, limited capital and difficult access to financial institutions. The method used in solving the problem begins with a surveyto the location, the implementation stage provides a psideline in marketing to consumers through effective marketing training and assistance in recording transactions that are in place of ornamental plants, the last stage of which is the monitoring and evaluation stage. This activity is expected to assist ornamental plant entrepreneurs in carrying out marketing activities to consumers and correct financial recording and in accordance with accounting standards.

Keywords: Marketing Implementation; Simple Sales Recording; UMKM

Kata Kunci

Implementasi Pemasaran Pencatatan Penjualan Sederhana UMKM

Rincian Artikel

Referensi

  1. Angipora Marius P. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  2. Garneti, Anisa Eliana, (2017) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Tanaman Hias Boneka Lumut Dengan Media Tanam Kokedama Pada Umkm Planter Craft Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
  3. Hall, James, (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat. Jakarta.
  4. Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan UMKM. Salemba Empat. Jakarta.
  5. I.Made Riyan, (2013). Bauran Pemasaran Bunga Krisan pada Kelompok Usaha Bersama Manik Mekar Nadi di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata ISSN: 2301-6523 Vol. 2, No. 1, Januari 2013
  6. Jayanti Mandasari, Dewi et.all (2019) Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 13 Nomor 1 (2019), DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10432. di unduh tgl 10 Oktober 2020.
  7. Kieso, D. E, Weygandt, J.J, and Warfield, T.D. 2015. Financial Accounting: IFRS Edition.Wiley.
  8. Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition. New York. Prentice Hall. Pearson International edition.
  9. M. Nurcahyo Rahardi F.; Sri Wahyuni dan E..(1997). Agribisnis Tanaman Hias. Edisi 1, Jakarta: Penebar Swadaya,
  10. Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Edisi XII, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2018.