Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengabdian  pada Masyarakat ini bertujuan   meningkatkan pegetahuan petani ikan Di Desa Baung dalam pembuatan dan pengunaan bahan herbal (daun sirih) untuk penangan penyakit ikan. Metode pengabdian masyarakat, survey  lapangan dan kunjungan pada petani ikan, penyuluhan ke petani ikan mengenai dampak negatif dari pemakaian antibiotik dan bahan kimia,  cara pembuatan ekstrak daun sirih yang di campurkan pada pakan ikan kepada petani ikan nila. Kegiatan penyuluhan telah berhasil dan berjalan dengan baik, yaitu memberikan informasi kepada petani ikan nila di Desa Baung mengenai penangan penyakit ikan menggunakan bahan herbal. Hasil kegaiatan menujukan 90% peserta memahami materi yang di berikan keberhasilan di tunjukan dengan adanya respon positif dari peserta, dengan mengajukan berbagai pertannyaan dan tanggapan yang di berikan selama sesi tanya jawab dan adanya keingianan untuk mempraktekan penetahuan tersebut.

 

Kata Kunci: daun sirih; penyaki ikan; pakan; penyuluhan

Kata Kunci

daun sirih penyaki ikan pakan penyuluhanAfrianto E. dan Liviawaty E.19192. Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan. Kanasius. Yogyakarta. Alderman DJ. 2004. Control of Oomycetes pathogen in aquaculture In Salmon Saprolegniasis. Muller GJ. Editor. Bone

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Sri Herlina, Universitas Darwan Ali

Budidaya Perairan

Referensi

  1. Afrianto, E., dan Liviawaty, E.19192. Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan. Kanasius. Yogyakarta.
  2. Alderman, DJ. 2004. Control of Oomycetes pathogen in aquaculture In Salmon Saprolegniasis. Muller GJ. Editor. Bonevalle Power administrasion, Porland.
  3. Fakhrizal, A., Rahmaniah, E., Mangkurat, Banjarbaru.
  4. Inayah, T. 2010. Pengaruh Ekstrak Bawang Putih Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Mortalitas Kutu Ikan (Argulus Sp.) Yang Menginfeksi Ikan Mas Koki (Carassius Auratus Linn). Jurusan Budidaya Perairan, Universitas Lambung.
  5. Haryati, A., Grandiosa, R., Dwi, I., Santika, A. 2012. Uji Efektivitas Daun Pepaya (Carica papaya) Untuk Pengobatan Infeksi Bakteri Aeormonas hydrophila Pada Ikan Mas Koki (Carasius auratus). Fakultas Perikanan dan Ilmwu Kelautan. Unpad.
  6. Kordi, G.2009. Budidaya Perairan. Penerbit PT Citra Aditya Bakti. Bandung.
  7. Kairuman,dan,K. 2008. Buku Pintar Budidaya Ikan Konsumsi . Jakarta : Penerbit PT Agromedia Pustaka.
  8. Lengka, K., Manoppo, H., Magdalena. 2013. Peningkatan Respon Imun Non Spesik Ikan Mas (Cyprinus carpio L) Melalui Pemberian Bawang Putih (Allium Sativum). Jurnal Budidaya Perairan Mei 2013. Vol 1 No 2 : 21-28.
  9. Mulia, D. S. dan H. Maryanto.2012. Aktivitas Antimikroba Ekstrak Daun Sirih Terhadap Bakteri Aromonas hydrophlla GPI-04. Laporan Penelitian. FKIP. Univesritas Muhamadiyah Purwekerto. Purwekerto.
  10. Rostiana O.,S. M. Rosita, dan D. Sitepu. 1991. Keanekaragaman Penotipa Sirih ( Piper betle Linn) Asal dan Penyebaran. Warta Tumbuhan Obat Indonesia.
  11. Sastroamidjojo,S.1997. Obat Asli Indonesia. Dian Rakyat.