Determinan Corporate Social Responsibility Dan Leverage Sebagai Pemoderasi
DOI:
https://doi.org/10.30651/imp.v2i2.16281Abstrak
English translation. This study aims to determine whether the financial ratio, audit commite and media exposure have an effect on CSR. This research is also to find out whether leverage can moderate the influence of media exposure on CSR. The research method used is quantitative, with the data collection technique used is documentation through the official IDX website. Meanwhile, the population used in this study is manufacturing companies in the consumer goods sector from 2015-2020. Based on sampling techniques with purpose sampling, 132 samples were used. The results of this study are finantial ratio, audit committee, and media exposure both simultaneously and partially affecting CSR. Meanwhile, leverage can strengthen the influence of media exposure on CSR.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah financial ratio, audit commite dan media exposure apakah berpengaruh terhadap CSR. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah leverage dapat memoderasi  pengaruh media exposure terhadap CSR. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi melalui situs resmi BEI. Sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi dari tahun 2015-2020. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dengan purpose sampling, 132 sampel yang digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah finantial ratio, komite audit, dan media exposure baik secara simultan maupun parsial berpengaruh terhadap CSR. Sedangkan leverage dapat memperkuat pengaruh media exposure terhadap CSR.
Keywords: Financial Ratio, Audit Committee, Media Exposure, Leverage, Corporate Social Responsibility
Referensi
Andreas, T., Desmiyawati, B., & Warda, L. (2015). Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure and Investor Reaction. International Journal OfEconomics and Financial Issues ISSN: 2146-4138.
Basir, K., Saleh, S., Madi, R. A., & Sujono. (2020). Pengaruh Environment Performance, Mekanisme Corporate Governance, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (Csr) Disclosure. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2).
Famiola Melia, Rudito, B. (2013). CSR (Corporate Social Responsibility) (CSR). Rekayasa Sains.
FCGI. (2000). Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit Dalam Pelaksanaan Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan) (Seri Tata). Citra Graha.
Hasibuan, N. S., Fitrisia, F., & Wulan, M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. STATERA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 167–180. https://doi.org/10.33510/statera.2020.2.2.167-180
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada.
Marthin, Salinding, M. B., & Akim, I. (2017). Implementasi Prinsip Corporate Social Responsibility (Csr) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Journal Of Private and Commercial Law, 1(1).
Marwati, C. P., & Yulianti. (2015). Analisis Pengungkapan Sustainability Report Pada Perusahaan Non-Keuangan. Jurnal Dinamika Akuntansi, 7(2).
Mashuri, A. A. S., & Ermaya, H. N. L. (2020). Pengaruh Agresivitas Pajak dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Corporate Pengaruh Agresivitas Pajak dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal STEI Ekonomi, 29(01), 35–50.
Melvin, & Rachmawati, D. (2021). Pengaruh Slack Resources, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Dan Liputan Media Terhadap Pengungkapan Tangung Jawab Sosial Perusahaan. Widya Akuntansi Dan Keuangan, 4(2).
Mutmainah, I. (2020). Apakah Classification Shifting Memoderasi Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI? JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 8(2), 141–149. https://doi.org/10.30871/jaemb.v8i2.2060
Oktavianawati, L., & Fajarrini Sri, I. W. (2018). Accounting Analysis Journal The Factors that Influence the Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR). Accounting Analysis Journal, 7(2), 119–126. https://doi.org/10.15294/aaj.v7i2.23738
Purba, I. A. P. L., & Candradewi, M. R. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Csr Perusahaan Manufaktur Di Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9), 5372. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p02
Resturiyani, N. (2012). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan. Skripsi, Universitas Pasundan, Bandung.
Reverte, C. (2009). Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure Ratings by Spanish Listed Firms. Journal of Business Ethies, 88.
Rivandi, M., & Putra, R. J. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Owner, 5(2), 513–524. https://doi.org/10.33395/owner.v5i2.468
Sijum, A. A., & Dewi, A. R. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Dan Perpajakan, 7(1), 62–71. https://doi.org/10.26905/ap.v7i1.5767
Sparta, & Rheadanti, D. K. (2021). Pengaruh Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di Bei. EQUITY: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 22(1). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.34209/equ.v22i1
Suwardjono. (2015). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. BPEE-Yogyakarta.
Vidarani, I. A. G. S., & Budiasih, G. A. N. (2020). Pengungkapan Corporate Social ResponsibilitySebagai Pemoderasi Pengaruh Leveragedan Kepemilikan Manajerial Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 30(1). https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/53842/33183
Yanti, N. L. E. K., Made, E. D., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Leverage, Dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1), 43.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis adalah penerbit atau Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email improvement@fe.um-surabaya.ac.id
Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.