Pengaruh Faktor-Faktor Budaya, Sosial, Personal, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ikan Laut

Penulis

  • Siti Maroah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Maria Ulfa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v1i2.9796

Abstrak

This study aims to determine the influence of cultural, social, personal, and psychological factors on the purchase decision of marine fish processed products at Fish Centerof Bulak Kenjeran, Surabaya. The population of this study are consumers of marine fish processed products in Fish Center of Bulak, while the sampling technique used in this study is convenience sampling. The total sample is 100 people. The instrument of this study is a questionnaire that has previously been tested and has met the validity and reliability requirements. The data are analyzed using multiple regression analysis.

This study is processed using the IBM SPSS Statistics 23 program. The results show that cultural factors (X1), social factors (X2), personal factors (X3), and psychological factors (X4) simultaneously has impact on purchasing decisions (Y) with the Fcount 8,669>Ftable 2,47. Based on the results of the regression coefficient value with the t test carried out on the four independent variables, it shows that the psychological factor variable (X4) has a dominant effect on purchasing decisions (Y).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, personal, dan psikologis terhadap keputusan pembelian produk olahan ikan laut di Sentra Ikan Bulak Kenjeran Surabaya. Populasi penelitian ini adalah konsumen produk olahan ikan laut Sentra Ikan Bulak sedangkan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrumen yang digunakan menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan realibilitas sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda.

Penelitian ini diolah menggunakan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor personal (X3), faktor psikologis (X4) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai Fhitung 8,669>Ftabel 2,47. Berdasarkan hasil dari nilai koefisien regresi dengan uji t yang dilakukan pada keempat variabel independen menunjukkan bahwa variabel faktor psikologis (X4) berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y).

Keywords: Cultural, Social, Personal, Psychological, Purchase Decision

Biografi Penulis

Siti Maroah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Maria Ulfa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

Asriningputri, N., & Handayeni, K. D. M. E. (2019). Strategi Pengembangan Industri Pengolahan Hasil Perikanan di Kecamatan Bulak Melalui Pendekatan Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL). Jurnal Teknik ITS, 7(2), 5–9. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i2.33116

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2019). Produksi Perikanan Menurut Kabupaten/Kota dan Subsektor di Provinsi Jawa Timur (ton), 2016 dan 2017.

Djunaidah, I. S. (2017). Tingkat Konsumsi Ikan di Indonesia : Ironi di Negeri Bahari. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 11(1), 12–24.

Fatihudin, D. (2015). Metode Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Zifatama Publisher.

Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan disertai Ilmu Manajemen. In Semarang: Universitas Diponegoro.

Furaiji, F., ÅatuszyÅ„ska, M., & Wawrzyniak, A. (2012). An empirical study of the factors influencing consumer behaviour in the electric appliances market. Contemporary Economics, 6(3), 76–86. https://doi.org/10.5709/ce.1897-9254.52

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 . Edisi 8. Cetakan ke-8. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2011.

Karunia Setyowati Suroto, K. S. S. (2013). Factors influencing consumer’s purchase decision of formula milk in Malang City. IOSR Journal of Business and Management, 9(3), 95–99. https://doi.org/10.9790/487x-0939599

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. (2019). PRODUKTIVITAS PERIKANAN INDONESIA. In Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. https://doi.org/10.1007/978-3-642-21501-8_59

Kessuvan, A., Parthanadee, P., & Buddhakulsomsiri, J. (2015). The study of consumption behaviors and factors affecting decision to purchase fishery products of consumers in the North and Northeast of Thailand. 22(6), 2670–2678.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Maro’ah, S. (2016). Pemasaran Produk Olahan Ikan Laut Ukm Kenjeran Surabaya Berbasis Marketing Mix Syariah. Jurnal Balance, XIII(2).

N Ramya, & Ali, S. M. (2016). Factors Affecting Consumer Buying Behaviour. International Journal of Appl Ied Research, 2(10), 76–80. https://doi.org/10.21474/ijar01/8362

Nasermoadeli, A., Ling, K. C., & Maghnati, F. (2013). Evaluating the Impacts of Customer Experience on Purchase Intention. International Journal of Business and Management, 8(6). https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n6p128

Nawawi, M. T. (2016). Factors of Consumer Behavior That Affect Purchasing Decisions on Blackberry Smartphone. The Winners, 17(1), 59. https://doi.org/10.21512/tw.v17i1.1810

Pemani, P., & Massie, J. (2017). THE EFFECT OF PERSONAL FACTORS ON CONSUMER PURCHASE DECISION (Case Study: Everbest Shoes). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(1), 68–77.

Qazzafi, S. (2019). CONSUMER BUYING DECISION PROCESS TOWARD PRODUCTS. International Journal of Scientific Research and Engineering Development, 2(5).

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior 10th Edition. In Pearson Education.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Refika Aditama.

Stankevich, A. (2017). Explaining the Consumer Decision-Making Process: Critical Literature Review. Journal of International Business Research and Marketing, 2(6), 7–14. https://doi.org/10.18775/jibrm.1849-8558.2015.26.3001

Supriadi, D., Kusuma, T. N. H. W., & Gumilang, A. P. (2019). ANALISIS NILAI TUKAR PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN PADA UNIT PENGOLAHAN IKAN SKALA KECIL DI KOTA CIREBON. Barakuda 45, 1(2), 57–71.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2012). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen. BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Andi.

Wahyudi, A., Kuwornu, J. K. M., Gunawan, E., Datta, A., & Nguyen, L. T. (2019). Factors influencing the frequency of consumers’ purchases of locally-produced rice in Indonesia: A Poisson regression analysis. Agriculture (Switzerland), 9(6). https://doi.org/10.3390/agriculture9060117

Yulianto, E., Fauzie, D., & Sunarti. (2016). PEMBELIAN ( Survei Pada Konsumen KFC Cabang Mall Olympic Garden Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40(1), 1–7.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-30