Strategi Marketing Mix Koperasi Dalam Meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) Di Pukopal Kodiklatal Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/imp.v1i1.9435Abstrak
This study aims to determine the impact of implemention of mix marketing strategy on cooperative in increasing residual income (SHU) at Puskopal Kodiklatal Surabaya. This research approach used is a qualitative descriptive approach and the data are collected through interviews, observation and documentation. The results show that the implementation of the mix marketing strategy implemented in Puskopal Kodiklatal Surabaya in recent years has been declared appropriate, superior, consistent, and feasible. However, during 2018 to the present period, the implementation of the mix marketing strategy has not been able to run well or optimally because of internal and external factors. So, there is a decrease in the sales of cooperative products which also had an impact on the acquisition of residual income (SHU) at Kodiklatal Cooperative, Surabaya during 2018 to 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan strategi marketing mix koperasi dalam meningkatkan SHU di Puskopal Kodiklatal Surabaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi marketing mix yang dilakukan Puskopal Kodiklatal Surabaya beberapa tahun ini dinyatakan sesuai, unggul, konsisten, dan layak, namun hanya saja dalam periode tahun 2018 hingga saat ini, pelaksanaan strategi marketing mix tersebut belum dapat berjalan baik atau maksimal karena adanya faktor internal dan eskternal. Sehingga terjadi penurunan omset penjualan produk koperasi yang juga berdampak pada perolehan SHU di Puskopal Kodiklatal Surabaya mengalami penurunan di tahun 2018 hingga tahun 2019. Â
Kata kunci: Strategi, Marketing Mix, dan Sisa Hasil Usaha (SHU)
Referensi
Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). Jumlah Koperasi Aktif Menurut Provinsi. Diakses 22 Juli 2019. https://www.bps.go.id/dynamictable/2019/07/22/1643/jumlah-koperasi-aktif-menurut-provinsi-2006-2017.html
Harahap, S. S. (2015). Analisis kritis atas laporan keuangan / Sofyan Syafri Harahap (Cetakan ke). Jakarta : Rajawali Pers, 2015.
Haulian, F. I. (2017). Evaluasi Strategi Dinas Tenaga Kerja Dalam Penyaluran Tenaga Kerja di Kota Samarinda. Administrasi Negara, 5, 5378–5392.
Hendar S.E., M. S. (2010). Manajemen Perusahaan Koperasi (Pokok-pokok Pikiran mengenai Manajemen dan Kewirausahaan Koperasi) (Novietha Indra Sallama (ed.)). Erlangga.
Ikhsani, M.M., dan M., dan P. Aryoko, Y. (2019). Strategi Pengembangan Koperasi Dalam Upaya Membangun Kesejahteraan Masyarakat. DERIVATIF : Jurnal Manajemen, 13(2).
Lestari, W., Musyahidah, S., dan Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 63–84.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992. Tentang Perkoperasian, 1–28.
Miles, B. M. dan M. H. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.
Pratiwi, D. (2019). Strategi Pengembangan Koperasi Dalam Meningkatkan Laba ( Studi Kasus Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI ) Guyub Rukun Kecamatan Banjarmangu , Kabupaten Banjarnegara ). 1–20.
Ridwan dan Yuli. (2018). Strategi Dalam Penyusunan Business Plan. Formulasi, Implementasi Dan Evaluasi Strategi Dalam Penyusunan Business Plan Pada Pt. Bosowa Propertindo, 244–253.
Rumelt P. Richard. (1980). The Evaluasi Of Business Strategy. McGraw-Hill.
Saleh, Y., dan Siska, I. (2015). Strategi Pengembangan Koperasi Unit Desa (KUD) Berkat Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo Yanti Saleh; Siska Ismail Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah Vol. 2, 4, 217–222.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD (Ghozali). CV Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis adalah penerbit atau Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email improvement@fe.um-surabaya.ac.id
Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.