Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kolam Renang Asri Saentis

Penulis

  • Andia Novi Ramadhani Manajemen Pemasaran Internasional, Politeknik Cendana, Medan, Indonesia
  • Rina Friska Bintang Siahaan Program Studi Akuntansi Perpajakan, Politeknik Cendana, Medan

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v5i1.26040

Abstrak

This study aims to determine the effect of Marketing Mix and Service Quality on Customer Satisfaction on Swimming Pool users (Study on all visitors to Asri Saentis Swimming Pool). The type of research used is quantitative, with primary data obtained from data by distributing questionnaires. The sample in this study amounted to 30 visitors to Asri Saentis Swimming Pool and the number of samples in this study was 30 visitors who were still active swimming pool visitors. Data analysis using multiple linear regression tests and data management using SPSS. The results of the study indicate that partially Marketing Mix has a positive and significant effect on customer satisfaction, while service quality also has a positive and significant effect on customer satisfaction, while simultaneously Marketing Mix and service quality have a significant effect on customer satisfaction.

Keywords: marketing mix, service quality, customer satisfaction

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada pengguna Kolam Renang (Studi pada seluruh pengunjung Kolam Renang Asri Saentis). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan data primer yang diperoleh dari data dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang pengunjung Kolam Renang Asri Saentis dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 pengunjung yang merupakan pengunjung kolam renang yang masih aktif. Analisa data yang menggunakan uji regresi linier berganda dan pengelolaan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Marketing Mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sementara kualitas pelayanan juga berpengaruf positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan secara simultan Marketing Mix dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-14