Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Katering
Abstrak
In an increasingly competitive digital era, it is important for catering businesses to understand the factors that influence consumer behavior. This study aims to analyze the effect of service quality, corporate image and social media promotion on consumer purchasing decisions in the context of the Citra Rasa catering business. The research method used is a survey with a questionnaire instrument distributed to consumers who have made purchases at the Citra catering business, as many as 53 consumers and potential consumers have filled out the questionnaire. The incoming data were analyzed using SEMPls. The results showed that service quality, corporate image, and social media promotion did not have a significant effect on consumer purchasing decisions. The low R-Square value (0.019) and the negative Adjusted R-Square (-0.041) indicate that the independent variables only explain a small part of the variation in purchasing decisions. This finding indicates that other factors, such as price and menu variety, may be more relevant in influencing purchasing decisions.
Keywords: Service Quality, Corporate Image, Social Media Promotion, Purchasing Decision, Catering Business
Dalam era digital yang semakin kompetitif, penting bagi usaha katering untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan dan promosi media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen dalam konteks usaha katering Citra Rasa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang telah melakukan pembelian di usaha katering Citra, sebanyak 53 orang konsumen dan calon konsumen telah mengisi kuesioner. Data yang masuk dianalisis dengan menggunakan SEMPls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, citra perusahaan, dan promosi media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Nilai R-Square yang rendah (0.019) dan R-Square Adjusted yang negatif (-0.041) mengindikasikan bahwa variabel-variabel independen hanya menjelaskan sebagian kecil dari variasi keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan adanya faktor lain, seperti harga dan variasi menu, yang mungkin lebih relevan dalam mempengaruhi keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Jasa, Citra Perusahaan, Promosi Media Sosial, Keputusan Pembelian, Bisnis Katering
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis adalah penerbit atau Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email improvement@fe.um-surabaya.ac.id
Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.