Pengaruh Word Of Mouth, Kepercayaan, dan Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Modal Usaha

Penulis

  • Wulan Suci Ariyanti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,
  • Didin Fatihudin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,

Abstrak

Abstract: This study aims to determine the effect of word of mouth, trust, and product variables on customer decisions to choose financing at PT PNM Mekaar Semampir Branch 1. This research method uses a quantitative approach. Data collection was done online by distributing questionnaires to 141 respondents. Sample research with purposive sampling technique. The analysis tool uses SPSS version 25 through the following stages: Validity Test, Reliability Test, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Analysis, Coefficient of Determination, and Hypothesis Test. The results of this study indicate (1) Word of Mouth has a positive and significant effect on the Customer Decision of PT PNM Mekaar Semampir Branch 1 (2) Trust has a positive and significant effect on the Customer Decision of PT PNM Mekaar Semampir Branch 1 (3) Products have a positive and significant effect on the Customer Decision of PT PNM Mekaar Semampir Branch 1. (4) Word of Mouth, Trust, and Products simultaneously affect the Customer Decision of PT PNM Mekaar Semampir Branch 1.

Keyword: word of Mouth, trust, product, decision 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel word of mouth, kepercayaan, dan produk terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan di PT PNM Mekaar Cabang  Semampir 1. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menyebar kuesioner kepada 141 responden. Penelitian sampel dengan teknik purposive sampling. Alat analisis menggunakan SPSS versi 25 melalui beberapa tahapan berikut: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah PT PNM Mekaar Cabang Semampir 1(2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah PT PNM Mekaar Cabang Semampir 1(3)Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah PT PNM Mekaar Cabang  Semampir 1. (4) Word of Mouth, Kepercayaan, dan Produk berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Nasabah PT PNM Mekaar Cabang Semampir 1

Kata kunci: word of Mouth, kepercayaan, produk, keputusan nasabah 

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-09