Pengaruh WOM, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sandal di Surabaya

Penulis

  • Ananda Faiqotur Rizka Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,
  • Siti Salbiyah Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,
  • Ali Imaduddin Futuwwah Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,

Abstrak

This study is to measure the influence of Word of Mouth (WOM), cost, and product quality of customer’s decision in Podo Makmur Sejati Company. In finding out the main factor of customer’s decision in buying slipper in Podo Makmur Sejati Company. The population of this thesis is customer of Podo Makmur Sejati Company. The sample of this thesis is 129 respondents. The method of taking sample used purpose random sampling technique which the sample taken by random with spesific regulation. The data calculated by SPSS 25 program and the steps are instrument test, classic assumption test, multiple linear regression analysis, hypotesis test, coefficient determination test (R2). The result of this thesis by Word of Mouth (WOM) partial, cost, and quality of product which gave significant positive impact in customer’s decision. In this thesis, the cost is main influential variable in customer’s decision with the result value of T as 5,496.

Keywords: WOM, Cost, Product quality, Customer’s decision,

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Word Of Mouth (WOM), harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sandal di PT. Podo Makmur Sejati. Guna untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan terhadap keputusan pembelian sandal di PT. Podo Makmur Sejati. Populasi dari penelitian ini ialah pembeli PT. Podo Makmur Sejati. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 129 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik purpose random sampling dimana sampel diambil secara acak dengan persyaratan khusus. Untuk menghitung data yang diolah yaitu dengan bantuan program SPSS 25 dan tahapan yang dilakukan ialah Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis regresi linear berganda, Uji Hipotesis, dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini ialah secara parsial Word Of Mouth (WOM), harga, dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangan secara simultan Word Of Mouth (WOM), harga, dan kualitas produk juga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini harga merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian yaitu dengan hasil nilai T tabel sebesar 5,496.

Kata Kunci: WOM, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-15