Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Nada Swalayan di Kabupaten Sampang

Penulis

  • Moh Sholeh Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Anang Firmansyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v3i2.20372

Abstrak

This study aimed to determine the effect of service quality, brand image, and promotion on purchasing decisions at Nada Swalayan, Sampang Regency, Partially and Simultaneously. This type of research was quantitative with linier regression analysis. Respondents in this study were consumers who shop at Nada Supermarkets. The number of respondents who became the sample of this study was 115 people. The sampling method used in this study was Accidental Sampling. The data quality test includes validity and reliability tests and classical assumption tests: normality, multicollinearity, and heteroscedasticity. The result of this study partially indicated that service quality, brand image, and promotion had a significant positive effect on purchasing decisions. Simultaneously, service quality, brand image and brand promotion resulted significantly in 79.7% of purchase decisions

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian di Nada Swalayan Kabupaten Sampang secara Parsial dan Simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis regresi linear. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Nada Swalayan. Jumlah responden yang menjadi sampel penelitian ini adalah 115 orang. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Uji kualitas data yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reabilitas serta uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, multikolineritas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa kualitas layanan, citra merek dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kualitas layanan, citra merek dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan pengaruh sebesar 79,7%.

Keywords: Kualitas Layanan, Citra Merek dan Promosi

Biografi Penulis

Muhammad Anang Firmansyah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-20