kreatif, Open Ended ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED

rochmatun_ nadia (1), Ruspeni Daesusi (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) , Indonesia

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP
Muhammadiyah 3 Surabaya pada pembelajaran matematika materi bangun ruang dengan
menggunakan pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Surabaya. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian yang terdiri 4 soal. Hasil penelitian yang
diperoleh dari jawaban siswa dalam menyelesaikan soal, menunjukkan bahwa sebanyak 20 dari 30
siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif cukup tinggi. Presentase kemampuan berpikir kreatif
sebanyak 67%.
Katakunci: Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan Open-Ended

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Penulis

rochmatun_ nadia
rochmatunnadia303@gmail.com (Kontak utama)
Ruspeni Daesusi

Rincian Artikel