Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik dan Pengelolaan Pendidikan Di SDN 2 Laban Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstrak
Kepala Sekolah dalam Satuan Pendidikan merupakan pemimpin, baik sebagai pemimpin formal maupun pengelola sekolah. Dalam melaksanakan tugasn, setiap kepala sekolah menggunakan strategi dan cara yang berbedaâ€beda sesuai dengan karakternya, yang dikenal dengan sebutan gaya kepemimpinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan Pengelolaan Pendidikan, mengetahui capaian kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan Pengelolaan Pendidikan, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan Pengelolaan Pendidikan di SDN 2 Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Teknik sampling yang digunakan adalah purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam tesis ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi
data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala SDN 2 Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik adalah demokratis, kepala sekolah cukup berhasil dalam meningkatkan kinerja pendidik dan Pengelolaan Pendidikan. Faktor pendukung dan penghambat implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan Pengelolaan Pendidikan meliputi Kepala Sekolah sudah S1, 5 pendidik sedang proses S1, buku perpustakaan memadahi, akreditasi sekolah A, sistem fullday school, manajemen Sekolah bagus, menggunakan kurikulum JSIT dan Dinas, buku Penghubung dengan orang tua, adanya dapur logistik, pembinaan pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik,
forum POMG, dan program sekolah diadopsi sekolah lain. Sedangkan faktor penghambat meliputi 8 pendidik sedang menempuh S1 pendidikan, karya ilmiah pendidik masih minim, sarana dan prasarana berupa gedung masih kurang, pengalaman mengajar pendidik masih kurang, dan kepala sekolah belum bisa mengayomi pendidik lakiâ€laki.Â
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Bush, T. & Coleman, M. 2000. Leadership and Strategic Mangement in Education,. London:Paul Chapman Publishing Ltd.
Hidayat, Ara dan Machali, Imam. 2012. Pengelolaan Pendidikan : Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Gresik: Kaukaba
Mulyasa. 2013. Pengembangan Dan Implentasi Pemikiran
Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Shulhan, Muwahid. 2004. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Undangâ€Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan
Teoritik dan. Permasalahannya. Jakarta: Rajawali
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.