Analisis Penerapan Fungsi-Fungsi Administrasi Pendidikan Sekolah
Abstrak
Pelaksanaan suatu fungsi administrasi dalam kenyataan yang merupakan suatu proses mencakup tahapan-tahapan tertentu, sehingga pelaksanaan fungsi-fungsi tersebut belum menjamin suatu keberhasilan bila tahapan-tahapan tidak dijalankan dengan baik. Dalam proses pelaksanaannya, seorang kepala sekolah mempunyai tugas hendaknya harus dilaksanakan. Fungsi adminsitrasi pendidikan pada prinsipnya sama dengan fungsi manajemen secara umum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan fungsi-fungsi administrasi pendidikan sekolah pada SMA Negeri 1 Sampolawa Kabupaten Buton dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan fungsi-fungsi administrasi pendidikan sekolah pada SMA Negeri 1 Sampolawa Kabupaten Buton. Tujuan yang ingin dicapai adalah Untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi administrasi pendidikan sekolah pada SMA Negeri 1 Sampolawa Kabupaten Buton. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan fungsi-fungsi administrasi pendidikan sekolah pada SMA Negeri 1 Sampolawa Kabupaten Buton, yang diharapkan akan bermanfaat sebagai bahan Menjadi bahan masukan bagi SMA Negeri 1 Sampolawa, dalam proses penerapan fungsi administrasi pendidikan sekolah untuk pencapaian tujuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif , peneliti mengunakan dua jenis data yaitu: (1) Jenis data, Dalam metode penelitian ini, peneliti mengunakan dua jenis data yaitu (a) Data primer, yaitu data yang mengenai penerapan fungsi-fungsi administrasi pendidikan sekolah melalui wawancara (b) Data sekunder yaitu data yang mengenai gambaran perkembangan pelaksanaan fungsi-fungsi administrasi pendidikan sekolah yang berkaitan dengan kepala sekolah, guru dan staf tatausaha sekolah. (2) Sumber data, (a) Data primer diperoleh langsung dari kepala sekolah, guru dan staf tata usaha di SMA Negeri 1 Sampolawa Kabupaten Buton. (b) Data sekunder yaitu data yang diperoleh berdasarkan dokumentasi penerapan fungsi-fungsi administrasi pendidikan sekolah di SMA Negeri 1 Sampolawa Kabupaten Buton. Kredibiltas dan validitas data merupakan usaha untuk menyusun secara sistematis dan rasional sebagai data yang telah terkumpul dengan melakukan: Perpanjangan pengamatan, dalam melakukan pengamatan maka yang menjadi fokus penelitian, menjadi hal yang utama. Sehingga dapat diketahui tentang berbagai perkembangan yang ditimbulkan dari fokus penelitian. Adapun yang dimaksud antara lain adalah : Peningkatan ketekunan, dalam penelitian maka data yang diperoleh untuk lebih kredibel dan validnya, maka ketekunan perlu ditingkatkan, sehingga dapat menghasilkan data yang valid dan dapat diperaya. Dalam pengesahan keabsahan data, maka digunakan trianggulasi sebagai berikut: (1) Trianggulasi dengan metode, dalam tenhik ini terdapat dua strategi, yaitu: (a) Mengecek derajat kepercayaan temuan hasil penelitian dalam prosedur  pengumpulan data. (b) Pengecekan derajat kepercayaan sumber data dengan metode yang sama. (2) Trianggulasi sumber, adalah membandingkan dan mengecek derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat pertanyaan yang berbeda penerapannya, metode ini di capai dengan cara (a) Membandingkan data hasil pengamatan dan hasil wawancara. (b) Membandingkan apa yang dikatakan orang depan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi-fungsi administrasi berjalan efektif. Ketertiban dan keteraturan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sehingga bisa dicapai efektivitas dan efeseiensi kerja personil yang ada disekolah. Komunikasi dan kerjasama yang baik sesama tenaga pendidik, maupun tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugasnya serta adanya dukungan dari kepala sekolah.
Artikel teks lengkap
Referensi
Brantas. 2009. Dasar-dasar Manajemen. Al Fabeta. Bandung.
Burhanuddin. Kamus Ilmiah Populer.
Edy Karno. 2009. Administrasi Dan Profesionalisme Guru Sebagai Tenaga Kependidikan. FKIP Unhalu. Kendari.
Erdiyanti. 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Istana Profesional STAIN Kendari. Kendari.
Hanafi, Mahmud. 1997. Manajemen. Unit Penerbitan dan Percetakan Akademik Manajemen Perusahaan YKPN. Yogyakarta.
http://blongspot,com/2011/01/ Kamaruddin. Pengertian-Fungsi, html.
http://blogspot, com/2011/1 Susilo./Pengertian-Penerapan, html.
http://blogspot, com/ pada August 11, 2009/Nurdin dan Usman, Pegertian penerparan, html.
Kartono, Kartini. 1992. Pemimpin dan Kepemimpinan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi Dan Organisasi Pendidikan. Ar-ruzz Media. Jogjakarta.
Mulyani. 2009. Adminsitrasi Pendidikan. Al Fabeta. Bandung.
Purwanto, Ngalim. 1987. Administrasi dan Supervise Pendidikan. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Siahaan, Amiruddin. dkk.2006. Manajemen Pengawas Pendidikan. Quantum Teaching.Pisangan Ciputat.
, 2008. Manajemen pedidikan. Al Fabeta. Bandung.
Soetjipto. 2004. Prinsip-Prinsip supervisi pendidikan. Andy. Jogjakarta.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. PT. Refika Aditama. Kalapagunung.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung
Tim Dose administrasi Pendidikan UPI. 2009. Manajemen Pendidikan. Al Fabeta. Bandung.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.