Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Dengan Media Gambar Asosiatif Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Isi Artikel Utama

Syahrul Gunawan
Risnita Risnita
Najmul Hayat

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan Media Gambar Asosiatif di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kateman Kecamatan Kateman. Penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan sampel anak-anak Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina KatemanKateman dengan jumlah anak 13 orang. Hasil penelitian dalam Meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan Media Gambar Asosiatif di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kateman semakin meningkat yaitu pada prasiklus 44,69%, siklus 1 kecerdasan linguistik anak 55,29%, siklus 2 kecerdasan linguistik anak 68,93%. dan siklus 3 kecerdasan linguistik anak 78,78%.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Cahyati, N. (2018). Kemampuan mengenal angka melalui media memancing bola angka. Jurnal pelita PAUD, 2(2), 200-213.
  2. Demianus, D., Jufrianto, J., Nanang, R. J., Tonengan, R., & Sartita, P. (2019). Perkembangan Cara Berpikir Anak Di Usia 2-7 Tahun Dengan Menebak Gambar Dan Ukuran Melalui Video Dengan Teori Kognitif.
  3. Fadlillah. (2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Fatimah, F. N. (2013). Penggunaan Media Benda Konkret pada Tema Lingkungan untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-7.
  5. Haslana, I., & Wirastania, A. (2017). Mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui kartu angka pada taman kanak kanak kelompok A. Wahana: Tridharma Perguruan Tinggi, 69(2), 61-66.
  6. Holis, A. (2017). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23-37.
  7. Latif, M. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia dini teori & aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
  8. Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
  9. Mulia, D. S., & Suwarno, S. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan, 9(2).
  10. Mulyana, H. (2014). Pemakaian metode asosiasi dalam data mining untuk penjualan lebih dari satu jenis produk pada perusahaan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(1), 47-55.
  11. Musrikah, M. (2017). Pengajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 1(1), 153-174.
  12. Ningrum, F. D. F. (2019). Penggunaan metode bermain kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada kelompok A di PAUD An-Nahdliyah Kenongo Tulangan Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
  13. Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Grup.
  14. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
  15. Wahyuni, R., & Sukmawati, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Papan Flanel Angka pada Anak Kelompok A di Tk Mentari Bulogading Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 27-33.
  16. Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130-131.