Implementasi Media Pembelajaran Sains Pada Aud Terhadap Kreativitas Guru Paud Di Tk Kreatif Cendekia Surabaya
Isi Artikel Utama
Abstrak
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari guru kepada anak sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media pembelajaran sains pada AUD terhadap kreativitas Guru PAUD di TK Kreatif Cendekia Kota Surabaya. Secara khusus tujuan dari penelitian ini menghasilkan media pembelajaran sains berupa experimen (percobaan) yang cocok diberikan kepada Anak Usia Dini melalui kreativitas dan inovatif Guru Paud di TK Kreatif Cendekia Kota Surabaya. Adapun kegiatan penelitian ini diawali dengan observasi tentang kemampuan guru Paud di TK Kreatif Cendekia Kota Surabaya dalam menyampaikan materi dan media pembelajaran sains yang cocok diberikan kepada AUD dan dapat meningkatkan kreativitas sebagai pendidik/guru PAUD. Observasi akan dilakukan di TK Kreatif Cendekia Surabaya, kemudian dianalisis permasalahan dan kebutuhan yang diperlukan terhadap kreativitas guru PAUD dalam mengimplementasikan media pembelajaran sains untuk anak usia dini. Mengingat membuat media pembelajaran sains yang cocok untuk anak usia dini merupakan salah satu materi yang sangat penting guna meningkatkan kemampuan kognitif serta kreativitas anak usia dini, maka dilakukan upaya-upaya penyampaian materi semenarik mungkin. Hasil penelitian ini terbukti bahwa Kemampuan guru dalam meningkatkan kreativitas melalui media pembelajaran sains yang diberikan kepada anak didiknya dengan menggunakan metode eksperimen selama belajar daring (dalam jaringan) selain menjadikan anak mampu memecahkan permasalahan yang sesuai dengan aspek perkembangannya, dan menumbuhkan ide-ide baru dalam melakukan percobaan dari bahan alam serta belajar mengolah perasaan, kepekaan, intuisi dan imajinasinya serta bisa juga menambah semangat dan minat anak didik selama belajar dari rumah dengan sangat baik. Antusias dan semangat guru dalam meningkatkan kreativitas media pembelajaran sains memperoleh penilaian yang maksimal.
Kata kunci: Media pembelajaran sains, kreativitas, Guru PAUD
Rincian Artikel
Referensi
- Aqib, Zainal dkk. 2017. Peneltian Tindakan Kelas TK/RA-SLB/SDLB. Yogyakarta; Ar-Ruzz Media.
- Amalia, Rizka. 2017. Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Media Akademi.
- Ambara, dkk. 2014. Asesmen Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Anggito, Albi dkk. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Dwilestari, Ninin dkk. 2016. Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini.
- Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
- Driyo, Agoes. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung; PT Refika Aditama.
- Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta; Depdiknas.
- Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. 2009. Assesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
- Isjoni. 2014. Model Pembelajaran Anak Usia Dini Membentuk Generasi Cemerlang Harapan Bangsa. Bandung: Alfabeta.
- Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.137 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Mursid. 2018. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
- Sugiyono. 2017. Metode Peneltian Pendidikan .Bandung; Alfabeta.
- Suharsimi, Arikunto.1992.Prosedur penelitian. Jakarta; Rineka Cipta.
- Sumanto.2005.Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta; Depdiknas.
- Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta; PT Karisma Putra Utama.
- Suyadi. 2017. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Wijaya, Hengki. 2018. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makasar: Merapi.