Studi Tentang Perilaku Hiperaktif Dan Upaya Penanganan Anak Di TK Pembina Tebing Tinggi
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku hiperaktif anak dan upaya penanganan yang telah dilakukan kepada si anak di TK Pembina Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah dua orang anak yang mengalami perilaku hiperaktif di TK Pembina Tebing Tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara mendeskripsikan keadaan anak yang mengalami perilaku hiperaktif sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua responden tersebut benar mengalami perilaku hiperaktif. Perilaku hiperaktif yang dimiliki anak berupa tidak mau diam, lebih menggunakan kemampuan motorik seperti bergerak tiada hentinya, sering mengganggu bahkan menyakiti teman- temannya, suka berganti aktivitas dari satu aktivitas ke aktivitas lain, rentan perhatian rendah hanya berkisar 5 sampai 10 menit saja, tidak pernah menyelesaikan tugas, dan tidak sabaran. Upaya penanganan perilaku hiperaktif yang dilakukan oleh sekolah TK Pembina berupa lebih mengetahui masalah yang dialami anak, sering memanggil anak dengan sebutan “sayang, baikâ€, mencari titik kelemahan anak, sering menyanjung anak, mencari tahu persoalan yang menjadi titik masalah, dan terkadang tidak memperdulikan anak sesuai situasi dan kondisi.
Kata Kunci : Perilaku Hiperaktif, Upaya Penanganan
Â
ABSTRACT
The purpose of this study was to find out how the children’s hyperactivity behavior and the treatment efforts that had been done to the children at Pembina Kindergarten Tebing Tinggi Academic Year 2017/2018. This study was conducted by using qualitative research types with a case study approach. Respondents in this study were two children who experienced hyperactivity behavior in Pembina Kindergarten Tebing Tinggi. Data collection techniques that used were observation and interviews. The data analysis techniques used were qualitative data analysis by describing the state of the children experiencing hyperactivity in accordance with the needs of research. The results showed that both respondents were properly experiencing hyperactive behavior. Hyperactive behavior that children have in the form of silent, more use of motoric abilities such as moving relentlessly, often disrupting even hurting friends, likes to change activity from one activity to another, prone to low attention only ranging from 5 to 10 minutes, never completing tasks, and not impatient. The effort to handle hyperactive behavior conducted by the School in the form of a more aware of the problems experienced by the children, often calling a those children with the nickname "Dear, Good", looking for a point of softspot of the children, often flattering the child, finding out the problems that are the problem point, and sometaimes do not care for the child according to a certain situation and condition.
Keywords: hyperactivity behavior, handling efforts
Rincian Artikel
Referensi
- DAFTAR PUSTAKA
- Rasmi, Amin. 2017. Jurnal Perilaku Hiperaktif dan Upaya Penanganannya.
- Azmira, Via. 2015. A Gift: Anak Hiperaktif. Cemerlang: Yogyakarta
- Baihaqi, MID & Sugiarmin M. 2008.Memahami dan Membantu Anak ADHD. Refika: Bandung
- Delphie, Bandi. 2009.Layanan Perilaku Anak Hiperaktif. Intan Sejati Klaten: Klaten
- Buitelaar, Jan. & Paternotte Arga. 2008. ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Prenada: Jakarta
- Deliana, Maryati. 2009. Problematika Perkembangan Anak. Widya Karya: Semarang
- Fadlillah, M. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini.Kencana:Jakarta
- Faisal, Sanipah. 2008. Format- Format Penelitian Sosial. Rajawali Pers: Jakarta
- Maria, Julia. 2007. Anakku Terlambat Bicara. Prenada Media Group: Jakarta
- Osman, B Betty.2002. Lemah Belajar dan ADHD. Grasindo: Jakarta
- Patton, Michael Quinn. 2009.Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar: Bandung
- Ramli, T. 2003. Pendidikan Moral Dalam Keluarga. Grasindo: Jakarta
- Rejeki, Sri. 2014. 100 Tanya Jawab Soal ADHD. Mitra Buku: Yogyakarta
- Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
- Syamsi, Ibnu. 2005. Jurnal Management Tingkah laku Hiperaktif
- Yin,, Robert K. 1996. Studi Kasus desain dan metode. Raja Grafindo: Jakarta
- Yuwono, Imam. 2017. Jurnal Alternatif Penanganan Anak Hiperaktif Menggunakan Terapi Gelombang Otak
- http://www.Definisi-pengertian.com/2015/07/definisi-pengertian-perilakumenurut-ahli.html?m-1 (diambil senin 12 maret pukul 12.51)