Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak Di Kb Aisyiyah 30 Surabaya

Isi Artikel Utama

Siti Sholikhah
Wahono Wahono
Tri Kurniawati

Abstrak

Latar belakang pemilihan penelitian karena KB Aisyiyah berada di lokasi yang mayoritas penduduknya berfaham Nahdlotul Ulama dan bersuku Madura. Hubungan orang tua dan anaknya sangat mempengaruhi keberhasilan belajar anak, tentu saja pada tahap awal orang tua harus memperhatikan minat anaknya dan sesuai dengan bakat yang dimiliki anaknya. Karena Orang tua memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan anaknya maka motivasi orang tua dalam memilih sekolah bagi anaknya pada usia dini menjadi salah satu penentu di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk 1).mengetahui bagaimana alasan orang tua memilih sekolah untuk anak usia dini di Kelompok Bermain Aisyiyah 30 Surabaya. 2). Untuk mengetahui bagaimana motivasi orang tua terhadap pemilihan sekolah untuk anak usia dini di Kelompok Bermain Aisyiyah 30 Surabaya. Metodologi Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain case study. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa alasan orang tua termotivasi memilih sekolah untuk anak usia dini di Kelompok Bermain Aisyiyah 30 Surabaya adalah karena dekat dengan rumah, untuk penanaman agama sejak usia dini, dan memperoleh pendidikan terbaik dengan biaya yang terjangkau.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Aryanti, Yuni. (2015). Motivasi Orang Tua Memasukkan Anaknya ke Taman Kanak-Kanak. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  2. Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Baihaqi. (2000). Mendidik Anak Dalam Kandungan. Jakarta: Darul Ulum Press.
  4. Dwi Saputri, Endang. (2016). Motivasi Orang tua Dalam Memilih Paud Ditinjau Dari Profil Lembaga Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  5. Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
  6. Dayun Riadi, Nurlaili, & Junaidi Hamzah. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Gunarti Winda, dkk. (2014). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tangerang Selatan-Banten: Universitas Terbuka-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Hapidin, dkk. (2016). Manajemen Pendidikan TK/PAUD. Tangerang Selatan-Banten: Universitas Terbuka-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
  9. Hidayat, Satibi, Otib. (2014). Metode Pengembangan Moral & Nilai-nilai Agama. Tangerang Selatan-Banten: Universitas Terbuka-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Hildayani, Rini. (2014). Materi Pokok Psikologi Perkembangan Anak: 1-12 PAUD4104. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  11. Isro’un Nikmah, Ninik. (2008). Motivasi Orang Tua Memilih Kelompok Bermain Sebagai Alternatif Pendidikan Anak Usia Dini. Malang: Universitas Islam Negeri Malang.
  12. J.Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Mulyani, Novi. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
  14. Narbuko, Cholid & Achmadi, Abu. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.Nasution. (2007). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
  15. Nugraha Ali, Zaman Badru, & Dwiyana Dina. (2014). Materi Pokok Program Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat: 1-12 PAUD4502. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
  16. Sujdana, Nana & Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.