Analisis Pembelajaran Klasikal Semi Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah 10 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3609Abstrak
Perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perilaku sosial dan emosional yang diharapkan dari anak pada usia ini ialah perilaku-perilaku yang baik, seperti kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, percaya diri, jujur, adil, setia kawan, sifat kasih sayang terhadap sesama, dan memiliki toleransi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendikskripsikan keterampilan sosial emosional anak yang dikembangkan dengan metode pembelajaran klasikal semi kelompok dan mendikskripsikan faktor penghambat dalam keterampilan sosial emosional anak usia dini melalui pembelajaran semi klasikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, obyek dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran klasikal semi kelompok terhadap perkembangan sosial emosional anak. Dari hasil penelitian diketahui bahwa metode pembelajaran klasikal semi kelompok dapat mengembangkan pembelajaran sosial emosional anak karena di TK Aisyiyah 10 pada awalnya menggunakan kegiatan pembelajaran klasikal dan pada akhirnya mengunakan pembelajaran klasikal semi kelompok, dalam pembelajaran klasikal semi kelompok ini lama-kelamaan anak berubah dalam sikap dan perilakunya dari pada sebelumnya.Referensi
Aisyah, Siti. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak
Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Chony, Djunaidi & Almanshur, Fauzan. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Depdiknas. (2008). Panduan Pembelajaran di TK. Jakarta: Direktorat Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hapsari, Iriani Indri. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.
Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Grup.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar Dalam
Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
