Analisis Pembelajaran Klasikal Semi Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah 10 Surabaya

Isi Artikel Utama

Riska Aroaital Lisa

Abstrak

Perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perilaku sosial dan emosional yang diharapkan dari anak pada usia ini ialah perilaku-perilaku yang baik, seperti kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, percaya diri, jujur, adil, setia kawan, sifat kasih sayang terhadap sesama, dan memiliki toleransi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendikskripsikan keterampilan sosial emosional anak yang dikembangkan dengan metode pembelajaran klasikal semi kelompok dan mendikskripsikan faktor penghambat dalam keterampilan sosial emosional anak usia dini melalui pembelajaran semi klasikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, obyek dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran klasikal semi kelompok terhadap perkembangan sosial emosional anak. Dari hasil penelitian diketahui bahwa metode pembelajaran klasikal semi kelompok dapat mengembangkan pembelajaran sosial emosional anak karena di TK Aisyiyah 10 pada awalnya menggunakan kegiatan pembelajaran klasikal dan pada akhirnya mengunakan pembelajaran klasikal semi kelompok, dalam pembelajaran klasikal semi kelompok ini lama-kelamaan anak berubah dalam sikap dan perilakunya dari pada sebelumnya.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Aisyah, Siti. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak
  2. Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
  3. Chony, Djunaidi & Almanshur, Fauzan. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.
  4. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  5. Depdiknas. (2008). Panduan Pembelajaran di TK. Jakarta: Direktorat Jenderal
  6. Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Hapsari, Iriani Indri. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.
  8. Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenadamedia
  9. Grup.
  10. Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar Dalam
  11. Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
  12. Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.