COOKING CLASS SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Nur Ifyati Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Daroe Iswatiningsih Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Sholehah Yuliati Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v11i2.27353

Abstrak

Kemampuan berbahasa merupakan aspek penting dalam perkembangan Anak Usia Dini, yang perlu ditumbuhkan melalui pengalaman nyata dan bermakma. Salah satu kegiatan yang dapat menunjang pengembangan bahasa anak adalah melalui kegiatan Cooking Class atau memasak bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas  kegiatan Cooking Claas sebagai media inovatif dalam mengembangkan keterampilan bahasa reseptif dan ekspresif pada Anak Usia Dini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di TK ABA Karangasem 01 Paciran Lamomgan, dengan melibatkan 31 anak kelompok A (usai 4-5 tahun). Anak di bagi dalam 4 kelompok dengan tugas yang berbeda-beda dalam memasak sayur Sop, mengupas dan mencuci sayur, memotong sayur, menyiapkan bumbu dan menghaluskanya dengan menggunakan alat tradisional (cobek dan ulekan), dan menumis serta memasak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data  dalam penelitian ini menggunakan  model Milles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap, reduksi data, penyajian data dalam bentuk narasi, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi untuk memastikan keakuratan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cooking Class memberi peluang anak untuk memahami instruksi verbal (bahasa reseptif),  dan mengekspresikan ide serta perasaannya (bahasa ekspresif) secara alami dalam konteks  sosial yang menyenangkan. Dengan demikian, Cooking Class dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan bahasa Anak Usia Dini.

Referensi

Agama, P., Di, I. and Medan, M.A.N. (2022) ‘Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan’, Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), pp. 147–153. Available at: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758.

Angelina, R.L. and Aulina, C.N. (2024) ‘Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Fun Cooking Class: Penerapan Pada Anak Usia 4-5 Tahun’, Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), pp. 844–857. Available at: https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1688.

Arifudin, O. (2021) Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Babys, I.S. and Watini, S. (2022) ‘Implementasi Model ATIK dalam Kegiatan Cooking Class Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Permata Sentani’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), pp. 13922–13929. Available at: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4807.

Etnawati, S. (2022) ‘Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan, 22(2), pp. 130–138. Available at: https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824.

Handayani, R. (2020) Metode Penelitian Sosial, Bandung.

Hariati, Suci& Utami, R.D. (2025) ‘Penerapan Model Pembelajaran Konstektual pada Anak Usia Dini di RA Panca Bakti Kabupaten Labuhan Batu Utara’, Review Pendidikan dan Pengajaran, 8, pp. 3887–3892.

Hoar, M.A. (2023) ‘Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Di Kelompok B Paud Baen Husar Kabupaten Belu’, Ihya Ulum, 1(1), pp. 22–36. Available at: https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/ihyaulum/article/view/16/14.

Husna, A. and Eliza, D. (2021) ‘Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini’, Jurnal Family Education, 1(4), pp. 38–46. Available at: https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21.

Kaharuddin (2021) ‘Jurnal Pendidikan Sosiologi’, Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi, IX(April), pp. 1–8.

Kholilullah, Hamdan, H. (2020) ‘www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id 75 | P g e’, Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10(Juni), pp. 75–94.

Maryari, M., Yudiana, Y.W. and Fahmi, A.I. (2023) ‘Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak 4-5 Tahun Melalui Permainan Ular Naga Di Paud Permata Hati’, Jurnal Tahsinia, 4(2), pp. 156–171. Available at: https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/511/196.

Mufalakhah, Kurnia& Sirait, S. (2025) ‘Cooking Class sebagai Metode Bermain untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di TK Islam Nurul Iman Sekarbela’, Riset Golden Age PAUD UHO, 8, pp. 460–467.

Nurhayati, R. (2020) ‘Pengertian Pendidikan presekolah sangat simpang siur sehingga akan mengaburkan arah pembicaraan. Seperti yang dimaksud dengan Early Chilhood ( anak masa awal) adalah anak berusia sejak lahir sampai usia delapan tahun2. Hal ini merupakan pengertian baku ya’, al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 3(2), pp. 79–92.

Pokhrel, S. (2024) ‘No TitleΕΛΕΝΗ’, Αγαη, 15(1), pp. 37–48.

Riha Adatul’aisy et al. (2023) ‘Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini Agama, P., Di, I. and Medan, M.A.N. (2022) ‘Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan’, Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), pp. 147–153. Available at: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758.

Angelina, R.L. and Aulina, C.N. (2024) ‘Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Fun Cooking Class: Penerapan Pada Anak Usia 4-5 Tahun’, Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), pp. 844–857. Available at: https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1688.

Arifudin, O. (2021) Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Babys, I.S. and Watini, S. (2022) ‘Implementasi Model ATIK dalam Kegiatan Cooking Class Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Permata Sentani’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), pp. 13922–13929. Available at: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4807.

Etnawati, S. (2022) ‘Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan, 22(2), pp. 130–138. Available at: https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824.

Handayani, R. (2020) Metode Penelitian Sosial, Bandung.

Hariati, Suci& Utami, R.D. (2025) ‘Penerapan Model Pembelajaran Konstektual pada Anak Usia Dini di RA Panca Bakti Kabupaten Labuhan Batu Utara’, Review Pendidikan dan Pengajaran, 8, pp. 3887–3892.

Hoar, M.A. (2023) ‘Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Di Kelompok B Paud Baen Husar Kabupaten Belu’, Ihya Ulum, 1(1), pp. 22–36. Available at: https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/ihyaulum/article/view/16/14.

Husna, A. and Eliza, D. (2021) ‘Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini’, Jurnal Family Education, 1(4), pp. 38–46. Available at: https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21.

Kaharuddin (2021) ‘Jurnal Pendidikan Sosiologi’, Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi, IX(April), pp. 1–8.

Kholilullah, Hamdan, H. (2020) ‘www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id 75 | P g e’, Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10(Juni), pp. 75–94.

Maryari, M., Yudiana, Y.W. and Fahmi, A.I. (2023) ‘Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak 4-5 Tahun Melalui Permainan Ular Naga Di Paud Permata Hati’, Jurnal Tahsinia, 4(2), pp. 156–171. Available at: https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/511/196.

Mufalakhah, Kurnia& Sirait, S. (2025) ‘Cooking Class sebagai Metode Bermain untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di TK Islam Nurul Iman Sekarbela’, Riset Golden Age PAUD UHO, 8, pp. 460–467.

Nurhayati, R. (2020) ‘Pengertian Pendidikan presekolah sangat simpang siur sehingga akan mengaburkan arah pembicaraan. Seperti yang dimaksud dengan Early Chilhood ( anak masa awal) adalah anak berusia sejak lahir sampai usia delapan tahun2. Hal ini merupakan pengertian baku ya’, al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 3(2), pp. 79–92.

Pokhrel, S. (2024) ‘No TitleΕΛΕΝΗ’, Αγαη, 15(1), pp. 37–48.

Riha Adatul’aisy et al. (2023) ‘Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Pembelajaran’, Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), pp. 82–93. Available at: https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.631.

Susanto, D., Risnita and Jailani, M.S. (2023) ‘Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah’, Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), pp. 53–61. Available at: https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.

Syam, A.F. and Damayanti, E. (2020) ‘Capaian Perkembangan Bahasa Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 4 Tahun’, PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), pp. 71–88. Available at: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6235.

Talango, S.R. (2020) ‘Konsep Perkembangan Anak Usia Dini’, Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), pp. 92–105. Available at: https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35.

Tanjani, R., Sepiawati, S. and Shentia, S.M. (2024) ‘Stimulasi Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Sekolah Baby Star Montessori Karawang’, MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.35706/murangkalih.v5i01.11139.

Terserani, Linda dewi & Lase, M. (2024) ‘Meningkatkan kemampuan bahasa melalui kegiatan cooking class pada anak usia 5-6 tahundi PAUD KB Mandiri Gunung Kijang’, Real Kiddos: Jurnal pendidikan anak usia dini [Preprint].

Utari, Tri Susanti Dyah & Fitri, N.D. (2019) ‘Peningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Kegiatan Memasak (Cooking Class) di PPT Pelangi Babat Jerawat Pakal Surabaya’, LENTERA: Journal of Gender and Children Studies, 1(1), pp. 36–51.

Wahidah, A.F.N. and Latipah, E. (2021) ‘Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya’, (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), pp. 43–62. Available at: https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-27

Cara Mengutip

Ifyati, N., Iswatiningsih, D., & Yuliati, S. (2025). COOKING CLASS SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 151–166. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v11i2.27353

Terbitan

Bagian

Artikel