Kegiatan Pengembangan Motorik Kasar
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2517Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kegiatan pengembangan motorik kasar di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil kegiatan pengembangan motorik kasar di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengembangan motorik kasar dilakukan dengan cara bervariasi agar anak tidak merasa bosan. Setiap kegiatan pengembangan motorik kasar yang dilakukan lebih menekankan latihan perkembangan fisik melalui kegiatan bermain dan olahraga. Guru melakukan kegiatan pengembangan motorik ka sar dengan cara meniru kegiatan militer tetapi di sesuaikan dengan tingkat kesulitan anak. Guru sudah menggunakan metode yang bervariasi dalam kegiatan pengembangan motorik kasar anak yaitu menggunakan metode bernyanyi, metode demonstrasi, metode praktek langsung, dan metode bermain peran.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
